Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Sumsel Hari Ini, Waspada Hujan Lebat dan Potensi Banjir

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Sumsel Hari Ini,  Waspada Hujan Lebat dan Potensi Banjir

Cek di bawah ini , cuaca Sumatera Selatan (Sumsel) hari ini 5 Maret 2024.--

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Sumsel Hari Ini,  Waspada Hujan Lebat dan Potensi Banjir

Okes.news- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini,  hari ini 5 Maret 2024,  mengenai potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah Sumatera Selatan.

Masyarakat diimbau untuk waspada terhadap hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang hingga malam hari.

Wilayah yang terutama perlu mewaspadai kondisi ini adalah Ogan Komering Ilir (OKI), Banyuasin, Palembang, Ogan Ilir, Musi Banyuasin, Muara Enim, OKU Timur, Lahat, Musi Rawas, dan Musi Rawas Utara.

BACA JUGA:BMKG: Cuaca Sumsel 4 Maret 2024, Ada 6 Wilayah Berpotensi Hujan Petir di Siang Hari

Selain itu, terdapat pula peringatan potensi banjir yang dapat terjadi sebagai akibat dari hujan lebat tersebut.

Prakiraan cuaca untuk beberapa kota di Sumatera Selatan adalah sebagai berikut:

Baturaja, Indralaya, Kayu Agung, Martapura, Prabumulih: Pagi hari berawan, siang hari hujan ringan, malam berawan, dan dini hari diselimuti kabut, dengan suhu berkisar 24-32°C dan kelembapan 65-100 persen

Lahat, Muara Enim, Pagar Alam: Pagi hari berawan, siang hari berpotensi hujan ringan, malam hari hujan petir , dan dini hari kabut, suhu 22-32°C dengan kelembapan 65-100 persen.

Pangakalan Balai dan Palembang cuaca sama. Pagi Berawan, siang Hujan Petir,mala. Hujan Ringan dan dini hari  Kabut, cuaca 25 - 32 derajat dan kelembapan 65 - 95 persen

Lubuk Linggau: Berawan sepanjang hari dengan suhu 18-28°C dan kelembapan 75-100%.

Muaradua OKU Selatan: Berawan pagi hari, berawan tebal siang hari, berawan malam hari, dan kabut di dini hari, dengan suhu 23-30°C dan kelembapan 65-100%.

Muara Rumpit, Musirawas, Sekayu, Talang Ubi: Berawan di pagi hari, hujan ringan siang dan malam hari, dan berawan atau hujan ringan di dini hari, suhu 23-31°C dengan kelembapan 65-100 persen.

BACA JUGA:Cek, Prakiraan Cuaca Sumsel Hari Ini, 1 Maret 2024 Ada Hujan Disertai Petir Kilat di 8 Daerah

Tebing Tinggi: Berawan pagi hari, hujan ringan siang dan malam hari, dan kabut di dini hari, suhu 22-29°C dengan kelembapan 70-100 persen.

Masyarakat di wilayah yang terdampak diimbau untuk mengambil langkah-langkah pencegahan.

Seperti memastikan saluran air bersih dari sampah, menyiapkan peralatan darurat untuk banjir, dan mengikuti perkembangan prakiraan cuaca dari BMKG.

Kepada pengendara juga diingatkan untuk berhati-hati saat berkendara di kondisi hujan lebat yang dapat menurunkan visibilitas dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: