Apa Saja Keuntungan Menggunakan Aplikasi inventory Berbasis Web? Berikut Ulasannya

Kamis 27-10-2022,08:49 WIB
Editor : Cakmud

OKES.CO.ID - Apakah saat ini anda tengah memerlukan aplikasi inventory berbasis web jurnal? Aplikasi untuk gudang ini memang digunakan sebagai salah satu untuk dapat mengelola gudang dengan sangat mudah. Banyak sekali manfaat dan keuntungan dari aplikasi inventory berbasis web yang akan membuat anda takjub dengan adanya aplikasi ini.

Sistem yang dibuat oleh aplikasi inventory berbasis web akan membuat pengelolaan gudang menjadi sangat efektif dan tentu saja dapat membuat barang yang keluar dan masuk dapat didata dengan mudah dan juga lebih akurat.

Ada banyak sekali aplikasi inventory basis web yang dapat anda coba untuk diaplikasikan dalam kegiatan gudang anda. Anda bahkan dapat menggunakan aplikasi inventory berbasis web secara online dan bisa dengan device apa saja. Tentu saja banyak sekali manfaat dan uraian yang akan membuat anda setuju jika aplikasi inventory berbasis web ini memang akan sangat bermanfaat untuk anda.

Mengenal Aplikasi Inventory Berbasis Web

Aplikasi Inventory adalah software yang dikembangkan untuk memudahkan dalam proses pengelolaan stok barang dan gudang perusahaan. Aplikasi inventory berbasis web menjadi solusi tepat untuk mempercepat sistem persediaan aset pada perusahaan, sehingga proses pendataan dan pengelolaan produk menjadi lebih efektif dan efisien serta memudahkan petugas bagian logistik untuk melakukan proses inventory manajemen aset di kantor pusat dan di kantor cabang.

Kemudahan lain dari penggunaan aplikasi inventory berbasis web adalah memudahkan dalam proses perhitungan dan pencatatan stok barang dengan teknologi modern, Sehingga pengelolaan stok barang dan gudang lebih optimal dengan waktu yang lebih efisien. Selain itu, aplikasi inventory basis web   juga menghemat biaya pengeluaran dan memudahkan dalam membuat laporan serta memonitor barang yang keluar masuk, dan laporan stock barang dan gudang yang tersedia.

Persediaan stok barang yang menumpuk, penyusunan laporan yang membutuhkan waktu lama dan kesenjangan data stok barang membuat banyak perusahaan dan pelaku bisnis mulai beralih menggunakan aplikasi inventory berbasis web   untuk mengelola dan monitoring stok gudang dan barang yang dimiliki. Para pelaku bisnis mengaku dengan menggunakan aplikasi inventory, manajemen stok barang mereka sudah tidak lagi terhambat, sehingga dapat fokus untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis.

Keuntungan dari adanya aplikasi inventory berbasis web

Tentunya anda masih penasaran, apa saja yang menjadi keuntungan dari aplikasi inventory berbasis web bukan?

Anda dapat membuat daftar impor barang dari gudang dan keluar gudang dengan sangat mudah. Baik itu jumlah kecil ataupun besar dapat anda coba lihat dan tentu saja membuat anda puas dengan fungsi dari aplikasi inventory berbasis web itu sendiri. Anda juga dapat membuat satu aplikasi inventory basis web untuk beberapa gudang yang anda tangani. Tentu saja lokasi dari gudang tersebut harus sesuai dan bisa anda koordinasikan dengan 1 aplikasi inventory saja.

Untuk kuantitas dari laporan aplikasi inventory berbasis web dan juga nilai dari masing - masing gudang akan sangat terpantau dengan sangat baik. Karena aplikasi ini secara real time, maka akan menjadikan kualitas laporan menjadi nomor satu. Hal itu akan membuat kinerja anda menjadi sangat cepat dan sesuai dengan keinginan anda.

Selain itu, aplikasi inventory basis web juga bisa anda pantau dari mana saja. Anda dapat memantau dengan sangat mudah untuk ketersediaan barang dan bisa anda dapatkan dari mana saja. Anda dapat menggunakan berbagai fasilitas dan fungsi dari aplikasi inventory basis web untuk mengecek bagaimana stok barang yang ada di dalam gudang.

Aplikasi inventory berbasis web ini juga akan membuat stock opname menjadi sangat mudah. Anda akan menemukan fitur otomatis dan tentunya mencatat barang dengan sangat detail dan sesuai. Untuk aksesnya sendiri akan real time dan sesuai dengan waktu ketika anda mengecek sehingga akan mengurangi kesalahan dalam mengecek adanya stok barang.

Anda akan dapat meminimalkan adanya kesalahan dalam human error. Anda dapat melihat dengan rinci jumlah dan juga stok serta pergerakan barang sehingga akan mengurangi berbagai risiko yang mungkin menjadikan perhitungan menjadi salah.

Aplikasi inventory berbasis web juga akan membuat pekerjaan dari admin menjadi lebih ringan. Anda akan menggunakan fitur - fitur mudah dan otomatis. Hal ini tentunya akan membuat kualitas jurnal atau laporan menjadi sangat tepat dan tidak banyak waktu terbuang percuma dengan adanya aplikasi inventory basis web seperti ini.

Fitur-Fitur dalam Aplikasi Inventory Berbasis Web

Untuk menunjang kemudahan dalam aplikasi inventory berbasis web dan gudang, diperlukan beberapa fitur seperti pendataan stok barang yang akan memudahkan dalam proses pendataan barang secara digital. Berikut merupakan beberapa fitur yang terdapat dalam aplikasi inventory untuk menunjang kemudahan manajemen aset perusahaan:

1. Sistem login

Fitur login system merupakan sistem dalam aplikasi inventory berbasis web yang memudahkan pengelolaan perencanaan produksi barang dengan akun admin yang terintegrasi.

2. Pendataan stok barang

Dalam aplikasi inventory terdapat fitur untuk melakukan pendataan jumlah stok yang tersedia dengan sistem digital, sehingga pendataan stok dapat terstruktur dan sistematis dan mudah di monitoring menggunakan aplikasi.

3. Manajemen persediaan barang

Fitur pengelolaan barang masuk atau barang keluar menggunakan sistem kode unik per item barang.

4. Manajemen penjualan

Dalam aplikasi inventory, terdapat fitur penjualan, yang mana fitur ini menampilkan jumlah data penjualan atau transaksi barang secara lengkap dan rinci.

5. Master data

Master data merupakan salah satu fitur yang terdapat di dalam aplikasi inventory untuk kemudahan dalam proses penyimpanan dan pengolahan data stok barang dan gudang.

6. Laporan

Fitur selanjutnya yang terdapat dalam aplikasi inventory merupakan fitur laporan. Fitur ini merupakan fitur yang berperan penting karena didalam fitur ini disajikan berbagai laporan terkait transaksi perusahaan yang berlangganan dari aplikasi inventory ini.

Bagaimana membuat laporannya secara otomatis?

Untuk membuat pekerjaan anda lebih mudah dalam mengelola gudang, pastinya aplikasi inventory berbasis web ini akan sangat bermanfaat untuk anda.

Anda dapat mengatur dengan mudah harga dari setiap barang meskipun dalam gudang tersebut ada banyak sekali barang atau produksi yang anda buat. Harganya akan dapat anda tentukan dan klasifikasi dengan mudah di aplikasi inventory basis web. Akan ada rincian yang sangat detail dari harga setiap barang.

Anda dapat mengontrol dan melihat list harga dengan mudah di aplikasi inventory berbasis web. Software ini juga akan menjadikan laporan harga dan ketersediaan barang menjadi sesuai ketika anda melihat jurnal atau laporannya. Bahkan jika ada mempunyai diskon khusus pada barang tertentu juga akan cepat tercatat sesuai dengan penjualan sehingga memperlihatkan keuntungan anda.

Anda yang khawatir apakah aplikasi inventory berbasis web mencatat secara real time, maka anda perlu melihat dulu jenis aplikasi inventory basis web dan juga bagaimana cara kerjanya. Untuk aplikasi inventory berbasis web dengan jenis jurnal dan penjualan akan dapat memperlihatkan bagaimana daftar aset yang anda punya dalam gudang anda.

Jika anda perolehan awal, nilai buku atau bahkan akumulasi dari penyusutan akan sangat terbaca di aplikasi inventory berbasis web ini. Anda dapat dengan mudah memonitor dan juga melihat bagaimana aktivitas dalam gudang anda sehingga dapat memperoleh keuntungan yang tentunya maksimal dan sesuai dengan target anda.

Daftar aset yang anda lihat di aplikasi inventory berbasis web tentunya bersifat sangat nyata dan sesuai dengan lapangan sehingga anda bisa segera melakukan tindakan ketika anda melihat adanya kejanggalan dalam aktivitas gudang anda.

Bagi anda yang punya banyak aktivitas padat dan tidak dapat melihat gudang secara langsung, maka anda dapat aplikasi inventory berbasis web semata mata dan kaki anda. Jumlah stok barang akan ditampilkan dan juga bagaimana pergerakan barang satu dengan yang lain akan dapat anda lakukan dengan mudah. Daftar produk juga bisa anda coba lihat secara rinci dan juga detail sehingga dapat digunakan dengan sangat baik.

Untuk melihat apakah kinerja semua gudang anda baik, maka anda dapat menggunakan aplikasi inventory berbasis web dalam 1 jurnal untuk beberapa gudang yang memiliki lokasi yang sama. Dengan begitu anda dapat melihat bagaimana gerakan produk atau barang anda antar gudang dan bisa melakukan pelaporan secara detail.

Aplikasi inventory basis web bisa membuat laporan berdasarkan waktu yang sudah anda setting dengan sangat baik dan tentu saja memperlihatkan kondisi real time di lapangan sehingga akan sangat mempermudah anda mengontrol aktivitas gudang dan juga pergerakan barang.

Download Aplikasi Inventory Berbasis Web untuk Kelola Inventory dengan Mudah

Mekari Jurnal mengembangkan produk untuk membantu kebutuhan manajemen stok barang dan gudang dengan aplikasi inventory berbasis web profesional dan modern.

Mekari Jurnal merupakan software akuntansi online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Mekari Jurnal adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Mekari Jurnal hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan Mekari Jurnal, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Mekari Jurnal bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan software akuntansi ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.

Jadi, Mekari Jurnal menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time. Menariknya, Mekari Jurnal telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin.

Selain itu, Jurnal memiliki banyak fitur di dalamnya seperti:

•                     Fitur pembelian dimana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.

•                     Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.

•                     Cash link.

•                     Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.

•                     Manajemen Stok

Dengan menggunakan Jurnal, Anda juga dapat mengakses data secara realtime, kapanpun dan dimanapun. Download aplikasi inventory berbasis web dan nikmati kesempatan free trial Jurnal selama 14 hari.

 

 

Kategori :