Tips Cegah Sifat Angkuh Timbul , Kendalikan Sebelum Telat

Rabu 04-01-2023,10:32 WIB
Reporter : R15
Editor : Mustofa

Memiliki sifat sombong , sangat tidak baik dipelihara. Karena orang-orang di sekitar akan menghindar, juga perlakuan kurang baik bisa jadi akan diterima dari orang lain.

 

 

 

Sebelum sifat sombong menyerang dan menguasai kamu, simak beberapa tips untuk mencegah sifat tersebut sebelum terlambat dan menyesal.

 

1. Sadar Diri

Sebelum merendahkan orang lain dengan merasa diri sendiri paling besar, paling berpengaruh, dan paling-paling yang lainnya maka kalian wajib untuk sadar diri dengan siapa kalian sebenarnya

 

 

 

Sadar diri disini adalah terkait takdir hidup kamu, bahwa semua yang sedang berjalan dan dilihat orang lain adalah hasil kemurahan Tuhan yang mengizinkan kita untuk terlihat baik, dan saat Tuhan berkehendak untuk membuat kita terlihat buruk maka tidak lebih kita hanya sebujur daging tanpa arti.

 

2. Percaya Konsep di Atas Langit Masih Ada Langit

Percaya dengan konsep bahwa di atas langit masih ada langit juga bisa dijadikan sebagai cara mencegah sifat sombong tumbuh di dalam diri.

 

 

 

Mungkin memang kita telah berada di tahap atau tingkatan lebih baik dari satu orang, tetapi yang perlu diingat bahwa di sekitar kita ada banyak orang dan kemungkinan lebih banyak yang berada di atas kita entah itu dari segi pencapaian atau yang lainnya.

 

3. Banyak Bersyukur

Banyak bersyukur atas apa yang telah didapatkan dan dicapai juga bisa untuk dijadikan sebagai tips untuk menghindari sifat sombong.

 

 

 

Saat kamu telah merasa bersyukur dengan sebenar-benarnya rasa syukur maka tidak akan mungkin muncul sikap merendahkan atau mengecilkan orang lain.

 

4. Belajar Rendah Hati dan Rendah Diri

Lawan dari sifat sombong adalah rendah hati dan rendah diri, dan jika kalian ingin terhindar dari kesombongan maka harus bisa untuk belajar rendah hati.

 

 

 

Seseorang yang memiliki sifat rendah hati dan rendah diri tidak akan mungkin untuk menganggap orang lain kecil karena mereka selalu sadar bahwa juga memiliki banyak kekurangan.

 

 

Demikian semoga bermanfaat.( * )

Kategori :