Erupsi Gunung Kerinci Lontarkan Abu Setinggi 900 M, Tertinggi Sepanjang Erupsi

Rabu 11-01-2023,15:07 WIB
Reporter : Mustofa
Editor : Mustofa

OKES.CO.ID – Saat ini gunung tertinggi di Pulau Sumatera menduduki status level II atau waspada. Pasca terjadinya erupsi di puncak Gunung Kerinci, Rabu 11 Januari 2023 pagi pukul 05.43 wib.

 

Abu vulkanik menyembur keangkasan dari puncak ketinggian 4. 705 Mdpl (meter diatas permukaan laut) setinggi 900 M. Dan ini menjadi erupsi dengan semburan abu tertinggi sepanjang kejadian serupa dalam beberapa bulan terakhir.

 

Selain itu, seismogram juga mendeteksi adanya gempa tremor dengan amplitudo maksimum 3 mm dalam durasi 8 hingga 20 detik.

 BACA JUGA:Gunung Kerinci Semburkan Abu Vulkanik, PVMBG Larang Pesawat Melintas

Dengan kondisi ini, jangankan wisatawan, masyarakat setempat dilarang mendekat pada radius 3 KM. Bahkan pesawat dilarang melintas di atas gunung, karena erupsi susulan bisa terjadi.

 BACA JUGA:Museum Harimau OKU Jadi Andalan Wisata Prasejarah

Kepala BPBD Kerinci Darifus mengimbau masyarakat untuk siap siaga. Karena, mereka terus memantau perkembangan Gunung Kerinci melalui petugas Pos Pematau Gunung Kerinci.

 

“Masyarakat wajib siaga mendengarkan informasi yang disampaikan. Baik dari BPBD maupun dari lurah, kades, dan camat, “ imbuhnya.

 

Untuk semburan arah abu vulkanik, sebagian mengarah ke pemukiman penduduk dan sebagian ke lahan perkebunan. *

Kategori :