Link Download LOGO Hari Lahir Pancasila 2023 Berikut Makna dan Pengertian Pancasila

Kamis 01-06-2023,03:08 WIB
Reporter : R15
Editor : Oku ekspres online

RAGAM- OKES.NEWS- Hari lahir Pancasila merujuk pada peringatan hari di mana Pancasila, dasar negara Indonesia, pertama kali diumumkan dan diperkenalkan kepada publik. 

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Makna dari hari lahir Pancasila adalah untuk menghormati dan memperingati momen penting dalam sejarah Indonesia ketika Pancasila diresmikan sebagai ideologi negara.

 Pada tanggal 1 Juni 1945, dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), Pancasila diumumkan sebagai dasar negara yang akan membentuk dasar bagi pembangunan dan penyelenggaraan negara Indonesia.

Pancasila terdiri dari lima sila, yaitu:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa: Kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Menghormati martabat dan nilai-nilai kemanusiaan serta mewujudkan keadilan sosial.

3. Persatuan Indonesia: Mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Menjunjung tinggi demokrasi dengan mengutamakan musyawarah mufakat dan menghargai perbedaan pendapat.

5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia: Mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

BACA JUGA:Begini Cara Beli Tiket Laga Timnas Indonesia Lawan Argentina, 5 Juni 2023 untuk Pemegang Kartu BRI,Selanjutnya

Hari lahir Pancasila merupakan momen penting untuk merenungkan dan memperkuat pengertian, nilai-nilai, dan prinsip-prinsip yang terkandung dalam Pancasila. Hal ini juga sebagai pengingat bahwa Pancasila harus menjadi pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia, serta sebagai fondasi untuk membangun masyarakat yang adil, demokratis, dan harmonis.

Makna logo Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 adalah sebagai berikut:

 1.Ilustrasi/ikon masyarakat berpegang tangan, hal ini melambangkan semangat gotong royong dan peradaban manusia

 2. Arrow/tanda panah ke atas, melambangkan pertumbuhan Global

Kategori :