Perkembangan AI (Artificial Intelligence) Keren Abis, Tapi Bisa Juga Ngabisi loh KO!

Senin 14-08-2023,23:10 WIB
Editor : Aris Munandar

Perkembangan AI (Artificial Intelligence) Keren Abis, Tapi Bisa Juga Ngabisi loh KO!

OKES.NEWS- Perkembangan AI (Artificial Intelligence) yang keren abis! Dulu AI mungkin cuma ada di film-film fiksi ilmiah, tapi sekarang AI udah jadi beneran! 

Gimana nggak keren, AI bisa ngasih dampak yang besar banget buat masa depan kita!

Pertama-tama, kita harus tahu bahwa nilai ekonomi yang dihasilkan dari penerapan AI di Indonesia itu luar biasa banget! 

Menurut analisis dari Tim Jurnalisme, penerapan AI di Indonesia bisa mencapai Rp 5.299 triliun, loh! Jadi, kalau semua industri di Indonesia pakai AI, produktivitasnya bakal naik pesat.

BACA JUGA:

Selain itu, AI juga bisa bikin kita jadi lebih efisien. Berdasarkan analisis dari Goldman Sachs, penggunaan AI bisa menghemat waktu kerja kita sekitar 116 menit atau hampir 2 jam. 

Bayangin,  bisa dapetin waktu luang lebih banyak buat hal-hal lain!

Tapi, tentunya ada sisi lain dari perkembangan AI yang harus kita waspadai. Ada kemungkinan terjadinya penggantian tenaga kerja manusia dengan AI. 

Menurut analisis dari Goldman Sachs, sekitar 16 persen tenaga kerja di Indonesia bisa tergantikan oleh AI. 

Makanya, kita harus siap untuk beradaptasi dengan kehadiran AI dan menerapkan AI secara bijak agar kita tetap relevan di masa depan.

Namun, kita nggak usah khawatir. Soalnya, perkembangan AI ini juga bisa bikin ekonomi kita makin melonjak. Loh gimana caranya?

BACA JUGA:

 Menurut Kearney, potensi peningkatan ekonomi Indonesia jika kita pakai AI di semua sektor bisa mencapai 366 miliar dollar AS atau sekitar Rp 5.371 triliun. Mantap banget, kan?

Jadi, intinya AI itu keren banget! Meski ada sisi negatifnya, perkembangan AI bisa memberikan dampak yang positif banget buat kita.

Kategori :