Kementerian ATR/BPN Adakan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Website

Selasa 30-07-2024,01:00 WIB
Reporter : Rilis
Editor : Gus Munir

Jakarta - okes.news, Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mengadakan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data dalam Website Kementerian ATR/BPN pada Rabu (17/07/2024) di Kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta. Pemutakhiran data ini sangat penting mengingat website ini menjadi wadah bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi terkini mengenai kementerian.

Tenaga Ahli Bidang Pengembangan Teknologi Informasi, Yoyo Budianto, berharap website ini dapat mengakomodir segala macam kebutuhan masyarakat. "Website ini kita jadikan tools bagaimana Kementerian ATR/BPN ini dapat diketahui publik, baik itu masyarakat maupun calon investor, mereka akan melihat di search engine dan website karena website ini seharusnya infonya lebih lengkap daripada sosial media," ujar Yoyo Budianto yang memimpin rapat koordinasi bersama Kepala Biro Humas, Harison Mocodompis.

Yoyo Budianto menekankan pentingnya update berkala pada data di website Kementerian ATR/BPN. Untuk itu, diperlukan kolaborasi dan kerja sama yang baik dari seluruh unit kerja Eselon 1 terkait dengan pembaharuan data yang akan ditampilkan di website kementerian. "Kita harus berkolaborasi agar website ini menjadi satu kesatuan yang utuh dalam menyajikan data," imbuhnya.

BACA JUGA:Menteri ATR/BPN AHY Tanggapi Kasus Kejahatan Siber dan Resmikan Sertipikat Tanah Elektronik di Jawa Tengah

Kepala Biro Humas, Harison Mocodompis, menambahkan bahwa selain menampilkan capaian, perlu juga memperhatikan faktor user experience. Setidaknya ada empat pilar yang harus dikembangkan untuk memenuhi hal tersebut. "Selain membicarakan seluruh core business, ada empat pilar yang harus ditampilkan," ucapnya.

"Bagaimana performa kita bagi masyarakat di bidang pertanahan dan tata ruang, lalu harus ada informasi tentang tata kelola kita sebagai pelayan masyarakat, kemudian website kita harus menjadi wadah bagi masyarakat menyampaikan masukan dan secara paralel juga disampaikan progres dari masukan yang diberikan, dan terakhir bagaimana website kita menggambarkan bahwa kita merupakan institusi yang belajar dan bertumbuh," lanjut Harison Mocodompis.

BACA JUGA:Kupas Tuntas Oppo A3 Energy Edition Smartphone Terbaru yang Tahan Banting dan Baterai Awet

Menjelang pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik, rapat ini juga membahas indikator yang akan dijadikan tolok ukur penilaian evaluasi. Monev tersebut akan dilakukan oleh Komisi Informasi Pusat kepada Badan Publik, termasuk Kementerian ATR/BPN.

Rapat ini dihadiri oleh Kepala Bagian Informasi Publik dan Pengelola Pengaduan, Adhi Maskawan, serta sejumlah jajaran di Biro Humas, dan perwakilan dari masing-masing unit kerja Eselon 1 di lingkungan Kementerian ATR/BPN.

Kategori :