Pentas Seni dan Budaya OKU, Merajut Keberagaman di Tengah Tantangan Zaman

Minggu 11-08-2024,20:28 WIB
Reporter : Aris Munandar
Editor : Gus Munir

Baturaja, okes.news, Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, sukses menggelar Pentas Seni dan Budaya yang menampilkan beragam adat dan budaya di Citimall Baturaja. 

Acara yang berlangsung pada Sabtu, 10 agustus 2024  diharapkan bisa menjadi momentum penting untuk memperkuat keberagaman dan persatuan di tengah masyarakat.

Ketua FPK OKU, Drs. H. Supriyadi Yazid, dalam sambutannya menegaskan bahwa tugas utama FPK adalah menyelenggarakan forum dialog dengan pimpinan organisasi pembauran kebangsaan, pemuka adat, suku, dan masyarakat. 

"Pentas seni dan budaya OKU ini tujuannya untuk menjaga budaya yang sudah ada dan patut dilestarikan," ujar Supriyadi.


FPK OKU gelar pentas seni dan budaya untuk menjaga dan melestarikan keberagaman budaya di Citimall Baturaja. Acara ini diharapkan memperkuat persatuan bangsa.-ist-

Lebih lanjut, Supriyadi menyatakan bahwa pentas seni ini merupakan salah satu upaya untuk membantu daerah dalam melakukan pembinaan dan pemeliharaan ketertiban, terutama dalam menghadapi kemungkinan ancaman terhadap keutuhan dan kerukunan bangsa.

BACA JUGA:Buka Turnamen Voli di Sosoh Buay Rayap Kabupaten OKU, Ajang Cari Bibit Atlet Potensial

BACA JUGA:M Iqbal Alisyahbana Dilantik sebagai Pj Bupati OKU, Gantikan Teddy Meilwansyah yang Siap Bertarung di Pilkada

Ia juga menyoroti bahwa menjelang tahun politik, isu suku dan agama sering kali mencuat.

"Berhati-hatilah dan waspada terhadap masuknya seni dan budaya asing yang dapat mengancam keutuhan NKRI. Dengan adanya FPK, diharapkan kita bisa mengawal ancaman tersebut," tambahnya.


--

Sementara itu, Ketua Pelaksana FPK OKU sekaligus Ketua Baznas Kabupaten OKU, Darman Syafei, S.E., M.Si., menyatakan bahwa pentas seni dan budaya ini harus terus dilanjutkan di masa mendatang.

 "Kami berharap dengan diadakannya pentas seni dan budaya di Kabupaten OKU, seni tradisional yang ada di OKU bisa terangkat dan dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap NKRI, serta memperkuat nilai kebersamaan dan solidaritas antar suku dan agama," ucapnya.

Acara tersebut turut dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk Penjabat Bupati OKU yang diwakili oleh Asisten 1 Setda OKU, perwakilan dari Kodim 0403 OKU, Polres OKU, Rektor Universitas Baturaja (Unbara), Kesbangpol OKU, serta tokoh seni dan budaya Kabupaten OKU.

Kategori :