Tips Menghindari Anak Mendapat Bullying di Sekolah

Selasa 13-08-2024,16:00 WIB
Reporter : Gus Munir
Editor : Aris

OKES.NEWS - Tindakan bullying di lingkungan sekolah semakin sering terjadi. Berikut adalah beberapa langkah untuk mencegah dan mengatasi perundungan terhadap anak di sekolah:

1. Pendidikan tentang Bullying

Ajari anak mengenai apa itu bullying dan bagaimana cara mengenalinya. Diskusikan perilaku yang dianggap sebagai bullying dan jangan biarkan mereka mengabaikan situasi yang mencurigakan.

2. Komunikasi Terbuka

Jadilah pendengar yang baik dan ajak anak berbicara tentang pengalaman serta perasaan mereka terkait teman sekelas. Hal ini membantu mereka merasa didengar dan dipahami.

3. Menjadi Contoh Positif

Tunjukkan perilaku positif dan empati dalam interaksi Anda sehari-hari. Anak-anak cenderung meniru perilaku orang dewasa, jadi tampilkan sikap yang baik sebagai panutan.

BACA JUGA:Teknik Berfoto Agar Hasil Cantik atau Ganteng

BACA JUGA:Tips Menangani Tembok Lembap dan Mengelupas

4. Pengembangan Kepercayaan Diri

Dorong anak untuk mengembangkan rasa percaya diri dan menghargai diri sendiri. Anak yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi lebih jarang menjadi sasaran bullying.

5. Waspada Terhadap Gejala Emosional

Perhatikan jika ada perubahan emosional pada anak setelah mereka pulang dari sekolah. Jika anak tampak tertekan atau cemas, tanyakan apa yang terjadi.

6. Respon terhadap Keluhan

Dengarkan dengan penuh perhatian jika anak mengeluh tentang bullying dan berikan dukungan yang diperlukan.

Kategori :