Utopia Roadster Mobil Hypercar Karya Terbaik Horacio Pagani yang Menakjubkan

Minggu 25-08-2024,16:00 WIB
Reporter : Bagus
Editor : Gus Munir

OKES.NEWS - Ketika banyak insinyur mengatakan bahwa mengubah mobil dari coupe menjadi convertible hampir mustahil tanpa menambah berat kendaraan, Horacio Pagani memiliki pandangan berbeda.

Pria yang dikenal sebagai pionir dalam penggunaan serat karbon ini membuktikan bahwa tidak ada yang mustahil, terutama dalam menciptakan supercar. 

Horacio Pagani telah bekerja dengan bahan komposit dan serat karbon selama hampir empat dekade, memulai obsesinya di Lamborghini sebelum akhirnya mengembangkan inovasi ini di perusahaannya sendiri, Pagani Automobili.

Utopia Roadster, mobil terbaru dari Pagani, menjadi bukti kepiawaian tersebut. Mobil ini memiliki berat kering 2.822 pon, persis sama dengan versi coupe-nya.

Desain dan Inovasi

Dilansir dari motor1 untuk mencapai kesempurnaan ini, Pagani menggunakan sasis monokok karbon yang sangat canggih dengan campuran Carbo-Titanium dan Carbo-Triax yang membuatnya tetap kaku.

Roll bar yang terintegrasi dengan struktur atap tepat di belakang kursi memastikan bahwa mobil tetap kokoh meskipun tanpa atap.

Subframe tubular depan dan belakang juga menggunakan campuran baja paduan Chromium-Molybdenum, yang membuat Utopia 10,5% lebih kaku dibandingkan model Pagani sebelumnya.

BACA JUGA:Xiaomi Siap Luncurkan SU7 Ultra

BACA JUGA:Volkswagen Siapkan GTI Elektrik Pertama di Tahun 2026

Komponen yang Dirancang Sempurna

Setiap komponen Utopia Roadster dirancang dengan standar yang sama tinggi seperti versi hardtop-nya.

Bahkan setir mobil ini, yang dipahat dari sepotong aluminium besar, membutuhkan waktu 28 jam untuk diselesaikan menggunakan mesin milling lima sumbu, dan hasilnya hanya memiliki berat 2,4 kilogram.

Horacio Pagani tidak hanya peduli dengan teknis, tetapi juga bagaimana mobil ini terasa saat dikendarai.

Kategori :