Bandara VVIP IKN Siap Beroperasi Awal September

Rabu 28-08-2024,08:00 WIB
Reporter : HOS
Editor : Gus Munir

Sebelumnya, Basuki yang juga Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyatakan bahwa Bandara IKN diupayakan dapat mulai beroperasi pada pekan pertama September 2024.

Ini juga yang akan menjadi salah satu acuan bagi Presiden Jokowi untuk segera pindah kantor di IKN pada September 2024.

BACA JUGA:Apple Umumkan Acara Peluncuran iPhone 16

BACA JUGA:Realme Note 60 Segera Diluncurkan di Indonesia pada 30 Agustus ini Bocoran Spesifikasinya

Mengenai kesiapan bandara VVIP IKN rampung di awal Agustus 2024 ini merupakan target dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Pada 4 Agustus 2024 ini kami diminta untuk menyelesaikan apron dengan luas 180 x9 0 meter," kata Direktur Jenderal Bina Marga Rachman Arief di Penajam Paser Utara, dikutip berbagai sumber.

Dia menjelaskan, untuk fasilitas apron yang telah masuk dalam proses perencanaan saat ini berjumlah tiga titik yang berfungsi sebagai pendaratan helikopter atau helipad bagi keperluan tamu penting.

Lalu, untuk runway, sambungnya, direncanakan rampung sampai dengan akhir Agustus 2024 sepanjang 2.200 meter dengan luas 3.000 m2.

Lanjut dia, selain fasilitas apron dan runway, Kementerian PUPR juga perlu memfasilitasi akses jalan dari Bandara VVIP menuju akses jalan provinsi di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). (*)

 

Kategori :