Chipset Terbaru Apple A18 dan A18 Pro

Selasa 10-09-2024,11:00 WIB
Reporter : Bagus
Editor : Gus Munir

OKES.NEWS - Apple baru saja meluncurkan dua chipset terbaru mereka, yaitu A18 dan A18 Pro.

Untuk pertama kalinya, iPhone model standar seperti iPhone 16 dan 16 Plus kini dilengkapi dengan chipset terbaru, bukan yang setahun lalu.

Langkah ini dilakukan untuk mendukung berbagai fitur AI canggih dari Apple yang sebelumnya tidak ada di A16 Bionic.

A18 Pro Power-Up untuk iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max

Berdasarkan informasi dari gsmarena Chipset A18 Pro dibangun dengan teknologi pembuatan 3nm generasi kedua, yang membuatnya lebih efisien dan canggih.

Chip ini dilengkapi CPU yang diklaim sebagai yang tercepat di smartphone saat ini, dengan enam inti dua inti utama untuk tugas berat dan empat inti hemat energi.

Kombinasi ini memungkinkan A18 Pro mengungguli CPU A17 Pro sebesar 15% sambil menghemat daya hingga 20%.

GPU pada A18 Pro menggunakan arsitektur kelas desktop, menawarkan performa 20% lebih baik dibandingkan versi sebelumnya dan kemampuan ray tracing dua kali lebih cepat.

BACA JUGA:Hal Baru dari Apple iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max Hadir dengan Spesifikasi dan Harga serta Fitur Terbaru

BACA JUGA:Marquez Kembali Menggila, Kemenangan Beruntun di MotoGP San Marino 2024

Dengan memori yang lebih baik dan cache yang lebih besar, A18 Pro mendukung fitur media canggih seperti layar ProMotion, Always-on display, kecepatan USB 3 yang lebih cepat, dan perekaman video ProRes semua fitur yang tidak ada di iPhone standar.

Ada juga unit pemrosesan gambar baru yang membuat kamera dan pemrosesan video jadi lebih cepat. Fitur ini bekerja dua kali lebih cepat dibandingkan A17 Pro.

A18: Performa Tinggi untuk iPhone 16 dan 16 Plus

Chipset A18 juga mendapatkan upgrade besar dengan NPU terbaru. Dengan CPU enam inti yang sama, A18 menawarkan performa 30% lebih cepat dibandingkan A16 Bionic pada iPhone 15 dan 15 Plus, serta menghemat daya 30% untuk tugas yang sama.

Perbedaan utama antara A18 dan A18 Pro adalah pada GPU dan kemampuan pemrosesan gambar. A18 tidak mendapatkan fitur media canggih, dan GPU-nya menggunakan lima inti, bukan enam. Meski begitu, Apple mengklaim peningkatan performa grafis hingga 40% dibandingkan A16 Bionic dan menggunakan daya 35% lebih sedikit.

Kategori :