Apple Watch Kini Dapat Deteksi Sleep Apnea

Selasa 17-09-2024,13:00 WIB
Reporter : Bagus
Editor : Gus Munir

OKES.NEWS - Apple baru saja menerima sertifikasi dari Food and Drug Administration (FDA) untuk fitur deteksi sleep apnea di Apple Watch, setelah sebelumnya mendapatkan persetujuan untuk mode Alat Bantu Dengar pada AirPods Pro 2 minggu lalu.

Menurut informasi dari accessdata.fda.gov via gsmarena Fitur baru ini akan tersedia pada perangkat Apple Watch Series 9, Series 10, dan Ultra 2.

Apple Watch Series 10 dijadwalkan akan dirilis pada 20 September mendatang, bersamaan dengan pembaruan sistem operasi watchOS 11 yang juga diharapkan hadir pada hari ini.

Fitur deteksi sleep apnea ini membutuhkan data pelacakan tidur selama sepuluh malam dalam jangka waktu 30 hari untuk menganalisis pola tidur pengguna dan mendeteksi apakah ada kemungkinan sleep apnea.

Sleep apnea sendiri adalah kondisi serius di mana pernapasan seseorang menjadi lebih dangkal atau bahkan terhenti berulang kali saat tidur, yang sering kali tidak disadari oleh penderitanya.

BACA JUGA:Rumor Terbaru dari Apple Siapkan Jam Tangan untuk Anak yang Lebih Murah

BACA JUGA:TECNO Megabook T1 R5 Laptop Keren dengan Harga Bersahabat

Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti insomnia, sakit kepala, hingga rasa kantuk berlebih di siang hari.

Setelah fitur ini aktif dan mengumpulkan cukup data, Apple Watch akan memberikan laporan mengenai gangguan tidur yang dialami pengguna.

Jika terdapat indikasi sleep apnea, pengguna akan diminta untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan penyedia layanan kesehatan guna mendapatkan diagnosis resmi.

Penting untuk dicatat bahwa Apple bukan satu-satunya yang mengembangkan fitur ini.

BACA JUGA:WhatsApp Uji Coba Fitur Baru Transfer Kepemilikan Komunitas

BACA JUGA:Realme Luncurkan Ponsel Seri P Terbaru, Realme P2 Pro di India Kapan Hadir di Indonesia?

Samsung telah lebih dahulu mendapatkan sertifikasi FDA untuk deteksi sleep apnea pada perangkat Galaxy Watch mereka di awal tahun ini.

Kategori :