Robot Hiu Paus Cerdas Pertama di Dunia Diluncurkan di China

Selasa 08-10-2024,16:00 WIB
Reporter : Bagus
Editor : Gus Munir

OKES.NEWS - China baru saja mengumumkan sesuatu yang sangat keren dalam teknologi laut, mereka telah meluncurkan robot hiu paus cerdas pertama di dunia!

Menurut informasi yang diperoleh dari thedailyguardian Robot yang dikembangkan oleh Grup Aerospace Xinguang Shenyang ini memiliki panjang hampir 5 meter dan berat sekitar 350 kilogram, dan bisa meniru gerakan hiu paus dengan sangat baik.

Yang menarik, robot hiu paus ini nggak cuma tampil sebagai replika.

Dia bisa berenang, menyelam, dan bahkan melakukan gerakan makan, menunjukkan kemajuan besar dalam robotika bawah laut.

Dengan teknologi terkini, robot ini dilengkapi dengan kamera, sensor, sonar, dan sistem pemetaan BeiDou, yang semuanya memungkinkan robot ini untuk melakukan tugas penting seperti memetakan dasar laut dan memeriksa kualitas air.

Robot ini mampu berenang dengan kecepatan maksimum 0,7 meter per detik dan menyelam hingga kedalaman 20 meter, sehingga sangat mampu menjelajahi lingkungan bawah laut yang rumit.

BACA JUGA:Selamat Ulang Tahun Instagram yang ke-14!

BACA JUGA:Capella Bangkok Dinobatkan Sebagai Hotel Terbaik Dunia 2024

Dia juga punya berbagai fitur canggih, seperti kontrol jarak jauh, pola renang yang bisa diprogram, dan sistem gerak multi-sendi, membuatnya mudah untuk digunakan dalam berbagai misi.

Dibandingkan dengan robot bawah laut yang memanfaatkan propeller, robot hiu paus ini punya beberapa keuntungan bagi lingkungan.

Desainnya yang tertutup membantu mencegah pencemaran air, sedangkan bentuknya yang aerodinamis mengurangi risiko tersangkut di rintangan, jadi lebih ramah bagi kehidupan laut.

Setelah keberhasilan robot hiu ini, Grup Aerospace Xinguang Shenyang berencana untuk mengembangkan lebih banyak model bionik yang terinspirasi dari spesies laut lainnya, seperti porpoise tanpa punggung dari Yangtze dan paus pembunuh.

Mereka ingin lebih menggabungkan teknologi bionik dengan sistem pintar, sehingga mereka bisa menjadi pemimpin dalam inovasi robotika bawah laut.

Kategori :