Meningkatkan Kesehatan dan Kebugaran dengan Olahraga Kardio

Selasa 15-10-2024,22:00 WIB
Reporter : Hesti
Editor : Gus Munir

OKES.NEWS - Olahraga kardio, sering juga dikenal sebagai olahraga aerobik, bertujuan untuk meningkatkan kekuatan organ kardiovaskular, seperti jantung dan paru-paru.

Jenis olahraga ini mudah dilakukan, tidak memerlukan peralatan khusus, dan bisa dilakukan baik di rumah maupun di luar ruangan.

Contoh Olahraga Kardio: Beberapa jenis olahraga kardio yang bisa dicoba antara lain:

Jogging, Lari cepat, Lari di tempat, Bersepeda, Lompat tali, Jumping jacks, Berenang, Squat jump, Burpee, Mountain climbers, Naik-turun tangga. Anda bisa melakukan variasi dari aktivitas-aktivitas tersebut untuk menjaga agar tidak bosan.

7 Manfaat Olahraga Kardio yang Wajib Diketahui

 1. Menjaga Kesehatan Jantung dan Paru-paru.

Dengan rutin melakukan olahraga kardio, organ pernapasan Anda akan beradaptasi untuk bernapas lebih cepat dan dalam, meningkatkan kadar oksigen dalam darah, serta membuat tubuh lebih energik dan berkurangnya risiko tekanan darah tinggi.

2. Menurunkan Berat Badan.

Olahraga kardio efektif membakar lemak dan sangat dianjurkan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Setelah mencapai berat badan ideal, aktivitas ini juga membantu menjaga agar berat badan tetap stabil.

BACA JUGA:Tiga Terdakwa warga Desa Kedaton Terlibat Pembunuhan Sadis di OKU Dituntut Hukuman Mati

BACA JUGA:Hujan di Gurun Sahara Bikin yang Tadinya Kering Kini Menjadi Oase!

3. Menyeimbangkan Kadar Kolesterol.

Olahraga kardio dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

4. Meningkatkan Kualitas Tidur.

Jika Anda mengalami kesulitan tidur, berolahraga kardio secara rutin dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Pastikan untuk tidak berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur agar tidak mengganggu proses tidur.

5. Mengaktifkan Sistem Kekebalan Tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang aktif melakukan olahraga kardio cenderung memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik, sehingga tidak mudah terserang infeksi.

BACA JUGA:OvarianVax Harapan Baru dari Inggris untuk Cegah Kanker Ovarium

BACA JUGA:Gahar! Alpine A390_β SUV Listrik Konsep dari Renault Tampil di Paris Motor Show

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan.

Olahraga kardio dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dengan memicu perubahan mikroba dalam usus dan menjaga kelancaran proses pencernaan.

7. Mengurangi Stres.

Saat kita berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat mengurangi stres berlebih dan meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Bahkan, berjalan kaki santai selama 30 menit selama dua minggu terbukti dapat menurunkan tingkat stres.

Kategori :