Mimpi Jadi Nyata! Kenalan dengan Pil Olahraga yang Bikin Kamu Sehat Tanpa Harus Olahraga!

Selasa 15-10-2024,17:00 WIB
Reporter : Bagus
Editor : Gus Munir

OKES.NEWS - Para ilmuwan baru-baru ini mengembangkan terobosan menarik dengan menciptakan "pil olahraga" yang bisa memberikan efek seperti lari maraton tanpa harus bergerak sama sekali.

Penemuan ini diprediksi bisa jadi solusi besar buat kesehatan dan kebugaran, terutama untuk orang-orang yang sulit berolahraga secara rutin karena faktor usia, penyakit, atau keterbatasan fisik lainnya.

Cara Kerja Mirip Olahraga

Dilansir dari sciencefocus tujuan utama dari penelitian ini adalah membuat zat yang bisa memicu proses biokimia dalam tubuh, sama seperti yang terjadi saat kita olahraga berat, seperti lari.

Proses tersebut bisa meningkatkan kesehatan jantung dan daya tahan otot.

Para peneliti fokus pada aktivasi protein khusus yang disebut estrogen-related receptors (ERRs), terutama ERRα, yang penting dalam membantu tubuh beradaptasi dengan stres fisik seperti saat berolahraga.

BACA JUGA:Taemin SHINee Bakal Gelar Tur Solo di Jakarta

BACA JUGA:OvarianVax Harapan Baru dari Inggris untuk Cegah Kanker Ovarium

Senyawa Baru yang Dikembangkan

Salah satu senyawa yang lagi diuji, SLU-PP-332, menunjukkan hasil positif dalam uji coba pada tikus.

Senyawa ini bisa meningkatkan metabolisme sel otot dan membuat kinerja otot jadi lebih baik.

Para ilmuwan juga sedang bekerja mengembangkan senyawa lain yang lebih aman dan lebih kuat. Meskipun masih tahap awal, harapannya suatu saat nanti pil ini bisa dipakai secara luas untuk membantu orang tetap sehat.

Manfaat Buat yang Sulit Berolahraga

Pil olahraga ini bisa jadi solusi buat orang-orang yang susah untuk rutin olahraga karena berbagai alasan, seperti usia, sakit, atau disabilitas.

Selain itu, pil ini mungkin bisa dipakai sebagai terapi tambahan buat orang dengan penyakit jantung, penyakit saraf, atau yang ototnya mulai melemah.

BACA JUGA:Taemin SHINee Bakal Gelar Tur Solo di Jakarta

BACA JUGA:Tesla Perkenalkan Robot Humanoid Optimus!

Tantangan dan Uji Coba Lanjutan

Meskipun uji coba pada tikus cukup menjanjikan, ilmuwan masih harus melakukan banyak pengujian pada hewan lain dan akhirnya pada manusia sebelum pil ini bisa benar-benar digunakan.

Kategori :