Jarang Diketahui Ini Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Rabu 16-10-2024,20:00 WIB
Reporter : Hesti
Editor : Aris Munandar

OKES.NEWS - Bawang merah dikenal luas sebagai penyedap rasa dalam masakan, namun manfaatnya untuk kesehatan juga sangat signifikan.

Tanaman ini dibudidayakan di berbagai belahan dunia dengan banyak varietas. Menurut buku "Pola Makan Rasulullah," bawang merah telah digunakan sejak zaman dahulu untuk meningkatkan kesehatan, dan dipercaya dapat memperkuat tubuh serta meningkatkan nafsu makan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Iuliu Hatieganu University of Medicine and Pharmacy dan Babes-Bolyai University menunjukkan bahwa senyawa thiosulfinate yang terkandung dalam bawang merah memiliki kemampuan antimikroba yang kuat, efektif dalam membunuh berbagai jenis bakteri, termasuk Salmonella typhi dan Escherichia coli.

Berikut merupakan manfaat bawang merah yang jarang diketahui bagi kesehatan:

Mengatasi Maag

Bawang merah dapat digunakan sebagai obat alami untuk maag. Anda dapat memakannya mentah atau mencampurnya dengan makanan lain, seperti kecap, untuk mengurangi bau.

BACA JUGA:Arsenal Siap Beli Mohammed Kudus dengan Nilai Rp1,6 Triliun

BACA JUGA:Mimpi Jadi Nyata! Kenalan dengan Pil Olahraga yang Bikin Kamu Sehat Tanpa Harus Olahraga!

Menurunkan Demam

Untuk bayi, bawang merah bisa membantu menurunkan demam. Cukup parut bawang, campurkan dengan minyak kelapa, dan oleskan pada punggung serta perut.

Melancarkan Pernapasan

Mengonsumsi bawang merah dapat membantu mengatasi lendir di tenggorokan yang menghambat pernapasan. Makan bawang mentah atau acar bisa memberikan efek hangat dan melancarkan pernapasan.

Mengatasi Masuk Angin

Bawang merah juga efektif untuk meredakan masuk angin. Campurkan potongan bawang dengan minyak kelapa dan gosokkan pada area punggung.

BACA JUGA:GIBEI Unbara Cetak Minat Ratusan Investor Muda Menuju Pasar Modal Indonesia

BACA JUGA:Dataland, Museum Seni AI Pertama di Dunia Akan Dibuka di Los Angeles pada 2025

Menurunkan Kolesterol

Dengan rutin mengonsumsi bawang merah, kadar kolesterol dalam tubuh dapat berkurang, karena bawang membantu mobilisasi kolesterol dan mencegah penumpukan.

Mengobati Luka

Iris bawang merah, campur dengan minyak kelapa dan garam, lalu panaskan. Oleskan campuran ini pada luka untuk mempercepat penyembuhan.

Menormalkan Kadar Gula Darah

Bawang merah dapat membantu meningkatkan kadar insulin, yang bermanfaat bagi penderita diabetes untuk menormalkan kadar gula darah.

Kategori :