BESOK! Massa Demo di DPRD OKU, Gelar Aksi Tuntut Penetapan Ketua Definitif

Rabu 23-10-2024,21:59 WIB
Reporter : Aris Munandar
Editor : Gus Munir

BATURAJA, OKES.NEWS – Ratusan massa diperkirakan akan mendatangi Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ogan Komering Ulu (OKU) pada Kamis 24 Oktober 2024, untuk menuntut penetapan Ketua Definitif DPRD OKU yang hingga kini belum terealisasi. 

Aksi ini dipimpin oleh Koordinator Peran Serta Masyarakat (PSM), Heri Jaya, yang menyebutkan bahwa sekitar 100 orang dari berbagai elemen masyarakat akan ambil bagian dalam unjuk rasa tersebut.

"Aksi ini merupakan langkah awal. Jika penundaan penetapan Ketua Definitif DPRD OKU terus berlanjut tanpa alasan jelas, kami akan menggelar aksi lanjutan hingga tuntutan kami dipenuhi," kata Heri.

Penundaan ini, menurut Heri, berdampak serius terhadap fungsi DPRD dalam merumuskan kebijakan, mengalokasikan sumber daya, dan menjalankan fungsi pengawasan, yang pada akhirnya merugikan masyarakat secara langsung.

BACA JUGA:Ekowisata

BACA JUGA:Pembentukan AKD DPRD OKU Terhambat, Dua Partai Pemenang Dituding Penyebab Stagnasi

"Kami harap pimpinan sementara DPRD, Bapak Rudi Hartono, dapat menemui kami untuk menjelaskan alasan keterlambatan ini," lanjut Heri.

Sementara itu, empat fraksi di DPRD OKU sebelumnya  telah mendesak agar pimpinan segera memproses usulan nama Ketua Definitif. 

Menurut Umi Hartati dari Fraksi PPP, ketidakpastian ini menghambat fungsi legislasi, pengawasan, dan penganggaran, yang berdampak langsung pada roda pemerintahan daerah.

Sementara, untuk surat pemberitahuan telah disampaikan kepada kapolres OKU untuk ditindaklanjuti agar  aksi ini diharapkan berjalan damai.*

Kategori :