Demi Gengsi dan Juara, Peluang Mainkan Maarten Paes di Piala AFF

Jumat 25-10-2024,06:00 WIB
Reporter : Gus Munir
Editor : Aris Munandar

JAKARTA - OKES.NEWS - Timnas Indonesia belum pernah meraih gelar juara Piala AFF. Dari 14 edisi yang telah berlangsung, prestasi terbaik mereka hanya sebagai runner-up sebanyak enam kali, yaitu pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, dan 2020. 

Thailand menjadi negara tersukses dengan tujuh gelar juara, diikuti Singapura dengan empat gelar, sementara Vietnam dan Malaysia masing-masing memiliki dua dan satu gelar.

Turnamen sepak bola bergengsi di Asia Tenggara ini tidak terdaftar dalam agenda FIFA, sehingga tidak memiliki daya tarik yang cukup besar dan dianggap hanya sebagai ajang gengsi. 

Namun, saat ini, Timnas Indonesia telah mencapai babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sebagai satu-satunya wakil dari Asia Tenggara.

Dengan materi pemain yang ada, Tim Garuda diharapkan dapat meraih gelar juara Piala AFF jika bisa menurunkan skuad terbaik yang meliputi para pemain naturalisasi. 

Namun, hal ini sulit dilakukan karena pada bulan Desember tidak ada libur kompetisi.

BACA JUGA:Menteri dan Wamen Baru Pimpin Rapim Pertama di Kementerian ATR/BPN

BACA JUGA:Aksi Simpatik! Polisi di OKU Bagikan Air Mineral untuk Sopir yang Terjebak Macet

Turnamen Piala AFF juga tidak termasuk dalam kalender FIFA, sehingga klub-klub ragu untuk melepas pemainnya. 

Meski demikian, kiper andalan Timnas Indonesia, Maarten Paes, memiliki peluang besar untuk berpartisipasi. 

Kiper FC Dallas ini sedang menjalani masa libur kompetisi setelah timnya gagal mencapai playoff Major Soccer League (MLS), yang berarti ia akan memiliki waktu kosong mulai akhir Oktober 2024 hingga Januari 2025.

Meskipun begitu, Paes tetap harus bersiap menghadapi dua laga penting Timnas Indonesia melawan Jepang dan Arab Saudi pada 15 dan 19 November 2024, yang merupakan bagian dari Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Grup C. 

Karena ia tidak terikat kewajiban dengan klubnya dalam waktu dekat, kemungkinan besar Paes bisa bergabung dengan Timnas Indonesia di Piala AFF 2024.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sebelumnya telah mengumumkan bahwa Timnas Indonesia U-22 akan berpartisipasi dalam Piala AFF 2024.

BACA JUGA:Barcode Terblokir, Layanan Solar di SPBU 24.321.165 Lubuk Batang OKU Terganggu

Kategori :