Cegah Rabies, Imbau Agar Anjing Divaksinasi

Jumat 25-10-2024,10:00 WIB
Reporter : Hamdal
Editor : Gus Munir

OKES.NEWS - Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, melalui Dinas Peternakan dan Perikanan, mengimbau masyarakat yang memiliki anjing untuk melakukan vaksinasi rabies guna mencegah penularan penyakit tersebut. 

Imbauan ini dikeluarkan setelah adanya beberapa kasus gigitan anjing yang dapat berisiko menularkan rabies di wilayah OKU Selatan.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan OKU Selatan, Parida Ariani, SP., MM., menyampaikan bahwa mereka siap memberikan layanan vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan. 

"Beberapa waktu lalu, kami telah melakukan vaksinasi rabies untuk puluhan kucing dan anjing di dua kecamatan atas permintaan pemiliknya," jelasnya.

Ia mengajak para pemilik anjing yang belum melakukan vaksinasi untuk segera melapor ke Dinas Peternakan OKU Selatan agar vaksinasi dapat segera dilaksanakan. 

BACA JUGA:Dituntut Penetapan Ketua Definitif, Fraksi PAN Akui Belum Ajukan Nama Pengganti ke DPRD OKU

BACA JUGA:Pengedar 52 Gram Ganja di Baturaja Diamankan Polisi

"Apabila anjing sudah divaksin, Insya Allah akan aman dan tidak akan menularkan rabies lagi. Namun, jika belum, itu akan berbahaya," tambahnya.

Parida juga menekankan pentingnya vaksinasi, terutama untuk anjing yang sering berkeliaran di tempat umum, karena mereka dapat membahayakan masyarakat, terutama anak-anak. 

"Kami tidak ingin ada lagi korban akibat gigitan anjing. Rabies sangat berbahaya, sehingga langkah pencegahan harus diambil," tegasnya. (*)

 

Kategori :