Anak Gemuk Bukan Berarti Sehat, Bisa Jadi Karena Ini !

Sabtu 26-10-2024,20:00 WIB
Reporter : Gus Munir
Editor : Aris Munandar

OKES.NEWS - Orangtua diminta waspada terhadap risiko obesitas pada anak yang disebabkan oleh penggunaan obat-obatan steroid, yang belakangan ini menjadi sorotan publik. 

Steroid adalah obat keras yang tidak boleh dikonsumsi sembarangan, dan seharusnya hanya digunakan dengan resep dokter serta berdasarkan kebutuhan medis yang jelas.

Namun, beberapa orang tua tetap menggunakan steroid untuk meningkatkan nafsu makan dan membuat anak terlihat lebih gemuk. 

“Dalam praktik sehari-hari, saya menemukan kasus ini, bukan hanya oleh pengasuh, tapi juga oleh orang tua yang ingin anaknya gemuk,” kata Dr. Agustini Utari, SpA(K), seorang dokter spesialis anak.

Agustini menekankan bahwa anak yang gemuk tidak selalu sehat. Bahkan, gemuk akibat steroid justru lebih berbahaya bagi kesehatan karena berdampak pada sistem hormon dalam jangka panjang.

BACA JUGA:Nikmati Kemudahan Transaksi Melalui Payroll BRI

BACA JUGA:Lagi Ajukan KUR di Bank BRI, Berikut Panduan Agar Pinjaman Bisa Cair

Kegemukan ini disebabkan oleh penimbunan cairan dan garam dalam tubuh, bukan karena bertambahnya massa tubuh yang sehat.

“Kita sering khawatir anak menjadi kurus dan pendek. Namun, dengan steroid, anak malah bisa semakin pendek dengan penambahan berat badan yang tampak hanya di wajah atau pipi tembam, padahal itu adalah hasil dari penimbunan cairan dan garam,” tambah Agustini.

Efek dari steroid tidak hanya tampak dari luar. Penggunaan steroid dalam jangka panjang tanpa pengawasan juga berdampak pada fungsi kelenjar adrenal yang memproduksi hormon kortisol.

Hormon ini penting untuk menjaga gula darah, tekanan darah, dan daya tahan tubuh. Penghentian steroid secara tiba-tiba dapat menyebabkan insufisiensi adrenal, yang berisiko serius pada kesehatan anak, bahkan kematian.

Selain itu, penggunaan steroid yang salah bisa menyebabkan diabetes, tekanan darah tinggi, osteoporosis, serta penurunan daya tahan tubuh. 

BACA JUGA:Dipecat, Mancini Ungkap Alasan Arab Saudi Gagal Berprestasi

BACA JUGA:Dari Gucci Hingga Le Minerale Berebut Pemain Timnas Jadi Bintang Iklan

Anak yang mengonsumsi steroid dalam jangka panjang akan mengalami kenaikan berat badan yang mendadak, wajah yang terlihat tembam, dan mungkin ada stretch mark ungu pada perut atau paha.

Kategori :