Kendalikan Wereng, Petani Semprot Pestisida

Kendalikan Wereng, Petani Semprot Pestisida

OKES.CO.ID, OKU TIMUR - Untuk mencegah sawah petani terkena hama wereng coklat, Dinas Pertanian OKU Timur mengajak petani untuk melakukan pengendalian hama wereng sejak dini.

BACA JUGA: 14 Kampung, Basmi 10.203 Hama Tikus

Salah satunya dengan melakukan penyemprotan pestisida (pembasmi hama) ke area persawahan. Dengan harapan kegiatan seperti ini selalu dilakukan oleh petani, meski tidak ada petugas dari Dinas Pertanian.

Artinya petani harus selalu memantau sawahnya setiap hari, guna melihat apakah sawahnya bebas dari serangan hama.

BACA JUGA: Sawah Di Kelurahan Kemelak Diserang Hama

Pendamping Pertanian Lapangan Yanti  mengatakan, memang kegiatan pengendalian hama wereng ini merupakan program dari pemerintah, namun ia juga menhimbau kepada petani, agar selalu melihat pertumbuhan tanaman padi.

"Petani setiap hari harus melakukan pengawasan terhadap area persawahan, apakah ada masalah pada area persawahan atau tidak," ucapnya.

BACA JUGA: Sawah Di Kelurahan Kemelak Diserang Hama

Jika ada serangan hama maka secepatnya lakukan pencegahan, agar tidak terjadi gagal panen, bila perlu petani melakukan konsultasi dengan PPL pertanian.

"Kita berharap dengan adanya pengendalian hama wereng ini kedepan petani di Desa Sukamulya terbebas dari hama wereng. Kemudian mendapatkan hasil panen yang maksimal," jelasnya.

BACA JUGA: 20 Ha Lahan Sawah Baru Digarap

Sementara Yanti salah satu petani mengaku senang dengan adanya kunjungan dari Dinas Pertanian melalui PPL, dengan mengajak petani untuk melakukan Gerdal pencegahan penyakit wereng coklat pada tanaman padi.

"Jadi kita berharap pemerintah dapat membantu petani, jika petani membutuhkan solusi dalam melakukan pencegahan hama yang menyerang tanaman padi," pungkasnya. (dira)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: