Jelang Panen Padi, Harga Beras Turun

Jelang Panen Padi, Harga Beras Turun

OKES.CO.ID, OKU TIMUR – Jelang musim panen petani khawatir harga jual beras turun, hal ini lah yang banyak di keluhkan sebagian masyarakat Belitang.

Mengingat yang sering terjadi harga jual beras jual beras ketika jelang musim panen harga terus mengalmi penurunan, untuk saat ini saja di tingkat petani hanya Rp7.000/kg.

BACA JUGA: 1875 Kg Bibit Padi Dikucurkan Ke 5 Kelompok Tani

Padahal sebelumnya mencapai Rp7.500/kg. Gofar salah satu petani mengatakan, memang benar ketika jelang musim panen tiba, harga beras mengalami penurunan. “Kita kurang memahami kenapa harga beras jelang panen raya malah mengalami penurunan,” terangnya.

Mungkin menurut Gofar, menurunnya harga beras jelang panen disebabkan banyaknya barang sehingga membuat penawaran menurun.

BACA JUGA: Dapat Bantuan Benih Bibit Padi Sawah

Dengan murahnya harga beras tentunya membuat petani memilih menjual gabah dari pada diproses jadi beras. “Kebanyakan petani memilih menjual padi yang masih basah ketimbang menjual beras. Mengingat dihitung-hitung masih untung jual gabah ketimbang beras, karen harga gabah saat ini mencapai Rp4.000/kg,” imbuhnya.

Terlebih proses padi menjadi beras membutuhkan waktu yang cukup lumayan lama, padi dijemur hingga kering dan menggiling baru menjadi beras, namun karena harga beras murah petani memilih proses yang instan.

BACA JUGA: Panen 12 Ton, OKU Berlimpah Bawang Merah

Dengan cara jual langsung gabah dari sawah. “Kita tidak perlu repot lagi menjemur dan menggiling Kita tinggal antar gabah dari sawah ke tengkulak, pulang sudah bisa membawa uang,” jelasnya. (Dira)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: