Jalan 1 Desa di Muara Enim Tertutup Longsor

Jalan 1 Desa di Muara Enim Tertutup Longsor

OKES.CO.ID, MUARA ENIM - Akibat hujan yang berlangsung dari pagi hingga petang, jalan di Desa Muara Tenang, kecamatan Semende Darat Tengah (SDT), Muara Enim tertimbun longsor, Jumat (15/7) pukul 03.00 WIB.

BACA JUGA: Longsor, Akses Lahat-Pagaralam Ditutup Sementara

Akibat longsor tersebut, sejumlah kendaraan tidak dapat melintas, baik roda dua maupun roda empat. Akses ruas jalan dapat dilalui setelah BPBD Muara Enim bersama Dinas PUPR Muara Enim mengevakuasi material longsor yang menutupi badan antara Desa Seri Tanjung dan Desa Muara Tenang.

BACA JUGA: Longsor, Akses Empat Lawang-Kepahiang Bengkulu Lumpuh

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muara Enim H Abdur Rozieq Putra mengatakan pihaknya bersama pemerintah setempat, dibantu Babinsa, Bhabinkamtibmas, telah mengevakuasi material longsor.

BACA JUGA: Air Hujan Genangi Jalan

Dikatakan Rozieq, jalan tersebut sempat tutup total karena material tanau menimbun seluruh badan jalan. "Panjang Longsor sekitar 10 meter dengan ketinggian kurang lebih 5 meter," ujarnya.

BACA JUGA: Sering Hujan, Khawatir Jalan Putus

Lanjut Rozieq, setelah mendapat informasi pihaknya melakukan monitor dan berkoordinasi dengan aparat desa. Selain itu, pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk tidak melintas di jalur tersebut sementara waktu.

BACA JUGA: Hujan Lebat, Kota Palembang Dikepung Banjir

"Kami turunkan Tim Satgas BPBD dan berkoordinasi dgn PUPR untuk mengirimkan alat berat guna mengevakuasi material longsoran tersebut, sebelum akhirnya kembali normal," ujarnya.

BACA JUGA: Akibat Hujan Deras, 270 KK di OKU Kebanjiran

Proses penanggulangan menggunakan alat berat berat PUPR, untuk mempercepat penanggulangan dan pembersihan material longsor. "Dugaannya, kejadian ini disebabkan curah hujan tinggi dan kondisi tanah yang gembur," pungkasnya. (ozi/dnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sumeks.co