PKK Dua Desa Wakili OKU di Tingkat Provinsi

PKK Dua Desa Wakili OKU di Tingkat Provinsi

OKES.CO.ID, OKU - Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU masuk nominasi dalam dua lomba di tingkat Sumatera Selatan tahun ini. Keduanya adalah lomba 10 Program Pokok PKK dan Lomba Halaman, Asri, Teratur, Indah, dan Nyaman (Hatinya).

Pj Ketua TP PKK OKU Hj Zwesti Karenia Teddy menjelaskan, untuk lomba 10 Program Pokok PKK tingkat Sumsel diwakili Desa Marta Jaya,Kecamatan Lubuk Raja. Sedangkan lomba Hatinya PKK,masih kata ibu tiga anak ini, diwakili oleh  Desa Penilikan SP4, Kecamatan Peninjauan. 

BACA JUGA: Buru Prestasi, TP PKK OKU Masuk Nominasi

"Alhamdulillah, di dua lomba tersebut kita masuk nominasi," kata wanita yang disapa Reni ini.

Dijelaskannya,  lomba 10 Program Pokok PKK Sumsel meliputi, Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, GotongRoyong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga. Kemudian Pendidikan dan Ketrampilan,Kesehatan dan Pengembangan Kehidupan Berkoperasi.

BACA JUGA: Zwesti Karenia Teddy Jabat Pj Ketua PKK OKU

Sementara lomba Hatinya PKK merupakan gerakan masyarakat untuk memanfaatkan halaman atau pekarangan di sekitar berupa tanaman produktif, sayuran, tanaman obat keluarga (toga) dan tanaman hias. “Sehingga dapat memperindah halaman dan menambah kenyamanan rumah,” paparnya.

Sedangkan indikator yang dinilai dalam lomba Hatinya PKK,lanjut wanita berhijab ini, meliputi dukungan kebijakan operasional untuk pemanfaatan halaman dan pekarangan sebagai pendukung ekonomi keluarga,persentase jumlah rumah di desa/kelurahan yang memanfaatkan lahan pekarangan untuk  lumbung hidup, warung hidup ,toga, peternakan, dan pertanian.

BACA JUGA: PKK Desa Batumarta I Bentuk Class Balita

Kemudian  Kerjasama pengelolaan dengan petugas penyuluhan lapangan (PPL) ,  Pola pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA). Selanjutnya, kader pangan, keserasian penataan halaman Hatinya PKK, partisipasi anggota keluarga dan masyarakat dalam pemanfaatan halaman dan pekarangan serta inovasi.

"Penilaian lomba Hatinya PKK dilaksanakan bulan ini (Juli, red). Sedangkan penilaian Lomba 10 program PKK bulan depan (Agustus,red)","sebutnya.

BACA JUGA: Pasar Murah PKK Bantu Warga Kurang Mampu

Terkait TP PKK OKU masuk nominasi pada kedualmba tersebut, anak kedua dari tiga bersaudara pasangan  Alm H Kuryana Azis dan Hj Badiar Dewi meminta masyarakat OKU untuk mendoakan agar keduanya meraih juara di tingkat Sumsel. "Kalau jadi juara pertama kita akan melaju ke tingkat nasional," tukasnya. (din)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: