Vaksinasi PMK pada Sapi Capai Target

Vaksinasi PMK pada Sapi Capai Target

OKES.CO.ID, OKU SELATAN - Dinas Perikanan dan Peternakan OKU Selatan berhasil mencapai target vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi.

Untuk Kabupaten OKU Selatan ditargetkan sebanyak 500 ekor sapi harus divaksin. Hingga akhir vaksinasi Dinas Perikanan dan Peternakan sudah berhasil masksin sebanyak 500 ekor sapi.

BACA JUGA: Sapi Terkena PMK, Apakah Layak untuk Kurban?

Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan, Parida Ariani. 

Dikatakannya, untuk peresmian vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) berlangsung di Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah (BPRRT).

BACA JUGA: Sebar 12 Ribu Vaksin, Cegah Wabah PMK pada Sapi

"Untuk vaksinasi hewan, pada dasarnya sama dengan vaksin Covid 19, karena pelaksanaan vaksin ini harus mencapai 3 kali yakni vaksin pertama, kemudian tahap ke 2, harus menunggu 2 bulan setelah vaksin pertama, selanjutnya tahap ke 3 menunggu 6 Bulan setelah vaksin ke 3," ujarnya.

Dikatakannya, sapi yang sakit maka harus diisolasi selama 4 hari. Jika tidak, penyakit akan menular. Karena selama isolasi hewan itu sendiri harus mendapatkan perawatan lebih diantaranya makan harus disiapkan bubur.

BACA JUGA: Pastikan Aman Dari PMK, Disnakan Pantau Penjual Hewan Kurban

"Bagi hewan yang sakit juga harus mendapatkan perobatan melalui suntik, kalau tidak disuntik maka akan mengalami kelumpuhan," terangnya.

Untuk vaksinasi tahap 2 dan 3 ini nantinya, lanjutnya, Dinas Perikanan masih menunggu obat dari Pemerintah Pusat, karena untuk obat sendiri Pemerintah Pusat yang menyediakan.

BACA JUGA: Kasus PMK Meluas, Sumsel Zona Kuning

"Yang pastinya, pelaksanaan vaksin ini sesuai dengan petunjuk dari Pemerintah Pusat. Untuk OKU Selatan sudah mencapai target yang diberikan oleh Pemerintah Pusat," tandasnya. (dal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: