Panitia Pilkades di Lengkiti Dituntut Netral

Panitia Pilkades di Lengkiti Dituntut Netral

OKES.CO.ID, OKU -  Koordinasi dan konsolidasi unsur pemerintah. panitia pemilihan kepala desa (pilkades di Kecamatan Lengkiti, dan pihak terkait terus dilakukan. 

"Saat hari H – 1 pilkades, TPS (Tempat Pemungutan Suara) dan bilik suara tempat pilih harus sudah siap,” kata Camat Lengkiti Yoyin Arifianto. Ia juga mengatakan, panitia juga harus membuat peraturan tambahan yang dianggap perlu agar pilkades berlangsung lancar.

BACA JUGA: Belum Defenitiv, Desa Kemilau Baru Gabung Pilkades Tanjung Baru

Kemudian, panitia pilkades juga harus menjamin tak ada sorakan saat penghitungan suara pilkades berlangsung. 

“Panitia juga harus mengecek kembali surat suara sebelum pemilihan guna mengantisipasi surat suara yang sudah tercoblos dan surat suara tambahan. Termasuk, saat istrahat, TPS tetap harus dijaga,” tegas Yoyin.

BACA JUGA: Bimtek Persiapan Pilkades Serentak di OKU

Pertemuan tersebut juga dihadiri Kapolsek Lengkiti AKP Dismin Hayadi, Babinsa Serka Ikshan, serta Kepala Puskesmas Tanjung Lengkayap Imlan.

Yoyin menyebutkan, kandidat kades yang masih aktif dan ingin mengikuti pilkades harus cuti hingga proses pilkades selesai. "Sedangkan bagi anggota BPD desa yang berminat ikut pilkades harus mengundurkan diri," lanjut Yoyin.

BACA JUGA: 3 Desa di Kecamatan Lubuk Batang Bakal Pilkades

Selain itu, pertemuan ini juga dihadiri para kades di Kecamatan Lengkiti, ketua BPD, serta ketua panitia pilkades. 

Selain membahas persiapan pilkades, pertemuan tersebut juga membahas persiapan ulang tahun Kabupaten OKU dan persiapan HUT RI ke 77. 

BACA JUGA: Pilkades di Prabumulih, Pemilih Wajib Vaksin Sebelum Nyoblos

Kapolsek Lengkiti AKP Dismin Hayadi mengingatkan kades dan panitia Pilkades bersama Babinkamtibmas dan Polsek Lengkiti untuk berkunjung ke kediaman para calon kepala desa.

Dismin juga menambahkan panitia pilkades agar jujur, netral, serta dapat memberikan informasi kepada polisi terkait masalah dan potensi konflik yang akan terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: