Ini Penyebab ASN, Honorer, Anggota DPRD OKI Belum Gajian

Ini Penyebab ASN, Honorer, Anggota DPRD OKI Belum Gajian

Foto: Ilustrasi.--

OKES.CO.ID, OKI – Aparatur sipil negara, tenaga honorer dan anggota dpdr OKI belum menerima gaji. Namun rentang waktu penerimaan gaji berbeda. 

Untuk ASN dan tenaga honorer belum menerima gaji bulan ini. Sedangkan anggota DPRD OKI belum menerima gaji selama 3 bulan. 

"Seluruh anggota DPRD OKI sudah dua bulan ini belum menerima gaji, gaji bulan Juni dan Juli. Ini sudah Agustus juga masih belum menerima," ungkap Jauhari A Karim, salah satu anggota DPRD OKI. 

BACA JUGA: Isi Dompet Makin Tebal, Selain Gaji 13, PNS Juga Terima Ini

Dijelaskan Jauhari, pihaknya sudah bertanya kepada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) OKI. Ternyata keuangan daerah mengalami defisit.

Dengan demikian, pemerintah menunggu Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, Dana Bagi Hasil termasuk Bantuan Gubernur.

"Setahu kami, sekitar dua minggu lalu kas daerah ada sebesar Rp4,5 miliar. Lalu dua hari kemarin rapat Banggar dana kas sebesar Rp95 juta," tegas wakil rakyat dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

BACA JUGA: Gaji 13 PNS Cair Mulai 1 Juli

Untuk ASN, biasanya ASN Kabupaten OKI dan honorer menerima gaji setiap tanggal 1. Namun, hingga tanggal 4 Agustus kemarin, para pegawai pemerintah tersebut masih belum menerima gaji.

"Iya benar sampai hari ini masih belum terima gaji. Biasanya setiap tanggal 1 gaji sudah masuk (ke rekening)," kata salah satu ASN organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten OKI, yang tidak mau menyebutkan namanya.

Dia menjelaskan, selain gaji bulan ini yang belum diterima, ASN juga belum menerima tunjangan bulan Juli.

BACA JUGA: Kereta Gaji

"Kondisi ini sangat memberatkan karena tak ada uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk biaya sekolah anak dan lainnya," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) OKI, Ir Munim MM belum memberikan penjelasan. Saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, teleponnya dalam kondisi tidak aktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sumeks.co