Diserang Hama, Hasil Panen Anjlok

 Diserang Hama, Hasil Panen Anjlok

-Foto: Ilustrasi. (*)-

OKES.CO.ID, OKU SELATAN - Para petani sawah diwilayah Desa Pematang Danau Kecamatan Sindang Danau OKU Selatan terpaksa pertengahan tahun 2022 ini harus merugi. Hal ini karena sebagian dari sawah yang mereka tanami selama ini, justru diserang hama ulat dan tikus.

Midi, salah salah satu petani padi Desa Pematang Danau membenarkan adannya serangan hama sawah ini. Dia mengatakan jika hama ini menyerang sebagian sawah petani, yang sebenarnya menyerang saat tanaman padi berumur 10 minggu.

"Hama ini merusak tanaman. Jadi tanaman padi-padi yang sudah diserang hama ini membuat tanaman rusak gosong. Banyak buah-buah padi jadi kosong," ungkapnya.

BACA JUGA: 14 Kampung, Basmi 10.203 Hama Tikus

Lanjut Midi, serangan hama ulat dan tikus ini sejauh ini tidak diketahui penyebabnya. Namun, hama-hama yang datang tiba-tiba tersebut, saat ini memang sudah menyerang sebagian besar sawah-sawah wilayah desa.

"Jadi sekarang hasil panen kita anjlok. Biasannya kalau untuk 1 hektar bisa hasilkan 3-4 ton. Sekarang hanya hasilkan sekitar 1,5 ton," ungkapnya.

Keluhan petani inilah yang diharapkan bisa didengar pemerintah setempat melalui dinas-dinas. Dia mengharapkan dinas-dinas terkait ini, dalam waktu kedepan turun untuk melihat keluhan petani padi yang terpaksa merugi.

BACA JUGA: Jelang Panen Padi, Harga Beras Turun

"Harapan kami ya bisa ikut bantu mengatasi ini. Cukup berat untuk para petani seperti kita ini. Apalagi dalam kondisi saat ini, pupuk susah, racun herbisida mahal, dan lainya," pungkasnya. (end)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: okuselatan.disway.id