Jumlah Anggota DPRD Prabumulih Berpeluang Bertambah

Jumlah Anggota DPRD Prabumulih Berpeluang Bertambah

Foto: Ilustrasi. (*)--

OKES.CO.ID, PRABUMULIH - Jumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD)  Kota Prabumulih, pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang berpotensi menjadi 30 orang.

Hal itu disampaikan oleh KPU Kota Prabumulih Marjuansyah SIP usai pertemuan dengan pimpinan DPRD Prabumulih, belum lama ini. 

"Kita mendapatkan informasi DKB (Data Konsolidasi Bersih) jumlah penduduk Prabumulih yang sekarang sudah di angka 200.800 lebih. Artinya kalau jumlah penduduk mencapai 200 ribu lebih kemungkinan besar jumlah anggota DPRD di Kota Prabumulih akan bertambah," katanya.

BACA JUGA: Pilbup 2024, KPU OKUS Usulkan Rp68 M

Terkait itu pihaknya masih akan menunggu Peraturan KPU (PKPU) dan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) perbulan Oktober 2022 ini dari menteri. "DP4 itulah yang akan menjadi sumber," ucapnya.

Pihaknya juga membahas beberapa hal mengenai tahapan verifikasi faktual. "Sekarang fokus pada tahap pendaftaran hanya menjadi verifikasi faktual yang baik," ucapnya.

Pihaknya juga mendapat informasi ada pemekaran sejumlah kelurahan di Kota Prabumulih. "Tapi yang jelas kalau memang itu jadi penambahan jumlah Kelurahan ini kan pasti berdampak ke jumlah penyelenggara di badan maupun di anggaran Pemilu maupun di Pilkada mendatang," terangnya.

BACA JUGA: Reses Tahap II Dapil V DPRD Sumsel di OKU - OKU Selatan

Sementara itu Ketua DPRD Kota Prabumulih, Sutarno SE menambahkan, kedatangan KPU Kota Prabumulih ke DPRD untuk menyampaikan beberapa hal terkait Pemilu. Diantaranya, jumlah penduduk kota Prabumulih yang sudah lebih dari 200 ribu sehingga ada kemungkinan penambahan kursi legislatif.

"Jumlah penduduk per Juni sudah 200 ribuan jadi bisa menambah kursi. Kalau di atas 200 ribu (jumlah penduduk, red) berarti bisa 30 kursi dan mudah-mudahan kami berharap dan parpol juga berharap ada tambahan kursi," ujarnya.

Disampaikannya, penambahan kursi tersebut tentu memberikan keuntungan bagi peserta pileg mendatang. "Tentu diuntungkan karena peluang lebih banyak dan lebih besar," pungkasnya seraya mengatakan pihaknya akan mengundang Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam waktu dekat. (08)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: prabumulihpos.disway.id