Banner Sekwan DPRD OKU 2024

Saluran Air Tersumbat, Air Limbah Basahi Jalan

Saluran Air Tersumbat, Air Limbah Basahi Jalan

Pedagang kue tampah melintas di jalan yang dialiri air limbah. Kondisi ini sudah lama terjadi. Namun, belum ada perbaikan. -Foto : Mustofa/Oku Ekspres. -

OKES.CO.ID, OKU – Air limbah dari saluran air meluap ke Jln A Yani simpang Pancur. Air mengalir ke seberang jalan hingga ke depan Citymall Baturaja. 

Alirannya cukup deras. Bahkan menggenangi salah satu lubang. Luapan air kotor itu sangat membahayakan. Apalagi jalan aspal yang dialiri limbah tersebut, kini sudah berlumut. Potensi kendaraan roda dua tergelincir cukup besar. 

Andre, warga Kelurahan Baturaja Permai menyebut, air limbah simpang jalan yang menanjak itu sudah cukup lama mengalir. Bahkan sejak awal tahun sudah terjadi. 

BACA JUGA: Sampah Sungai Dibersihkan, Air Sungai Naik

"Bahkan sebelum banjir Citymall, air limbah sudah mengalir ke jalan,” sebutnya.

Menurutnya, kondisi itu disebabkan drainase di depan toko yang tersumbat. Saluran air di depan toko rusak sehingga menutup badan drainase. 

"Bisa jadi saluran air di bawah simpang Pancur tersumbat sampah atau tanah. Sehingga air tidak lancar mengalir,” katanya. 

BACA JUGA: Waduh, Air Got Tumpah ke Jalan Negara

Indra, warga yang membuka usaha di dekat lokasi menyebut, meski jalan tersebut tak pernah kering, namun sejauh ini sangat jarang ada pemotor yang tergelincir. 

"Tapi kalau mau diperbaiki, itu lebih baik. Jangan sampai ada korbannya,” sarannya. 

Menurut dia, pengguna jalan agak sedikit berhati-hati. Khususnya yang dari arah Pancur maupun sebaliknya. Karena selain menikung, juga jalan masuk yang menanjak. 

BACA JUGA: Dinkes Periksa Kandungan Air Sungai

"Sebaiknya diperbaiki, karena tidak enak di jalan dalam kota,” pesannya.

Pantauan Sabtu (13/8), aliran limbah ke jalan sudah  mengering. Drainase yang tersumbat, juga sudah dibersihkan. Namun, jika tak diperbaiki, bisa jadi kondisinya akan kembali lagi. (stf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: