SMA Negeri 4 OKU Gelar Gladi Bersih ANBK 2022

SMA Negeri 4 OKU Gelar Gladi Bersih ANBK 2022

ANBK : Siswa Siswi SMA Negeri 4 OKU mengikuti gladi bersih ANBK. foto : jeki/okes.disway.id--

OKES.DISWAY.ID, OKU - SMA Negeri 4 Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar gladi bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK. ANBK merupakan program evaluasi yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan merinci input, serta proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

 

Kegiatan gladi ANBK dilaksanakan dua hari yaitu Rabu dan Kamis, 24 - 25 Agustus 2022. Gladi ini diikuti oleh 45 siswa dengan berdasarkan data dari pusat.

 

"Kegiatan asesmen nasional (AN) SMA diikuti 50 peserta dengan rincian 45 peserta utama dan 5 peserta cadangan yang dipilih langsung dari Kemendikbud melalui Dapodik. Peserta dari kelas XI jurusan IPA dan IPS. Tujuan ANBK adalah penilaian mutu sekolah yang dilakukan secara semionline untuk mengukur aspek kognitif siswa dan kualitas lingkungan belajar yang dimiliki setiap sekolah," ucap Kepala SMA Negeri 4 OKU, Hj Jumiati SPd MM didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Mukthamira SPdSi.

 

Ditambahkan Jumiati, ANBK terdiri dari beberapa soal. Diantaranya Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) terbagi menjadi Literasi, Numerasi. Kemudian Survey karakter dan survey lingkungan belajar. Dia juga menjelaskan, ANBK ini tidak menentukkan kelulusan peserta didik. Melainkan hanya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan satuan pendidikan dalam bidang literasi, numerasi, dan karakter serta kualitas proses belajar-mengajar.

 

“ANBK tidak jadi penentu kelulusan. Bukan digunakan untuk menilai peserta didik yang menjadi peserta AN. Hasil ANBK hanya akan digunakan untuk melakukan perbaikan pembelajaran dalam satuan pendidikan. Karena sekarang penilaian untuk kelulusan siswa menjadi kewenangan pendidik dan satuan pendidikan,” ungkapnya. (jpn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: