ANBK Tidak Menentukan Kelulusan Siswa

ANBK Tidak Menentukan Kelulusan Siswa

ANBK : Siswa siswi SMK Yadika Baturaja mengikuti pelaksanaan ANBK selama 2 hari. foto : jeki/okes.disway.id--

OKU, OKES.CO.ID - 50 siswa SMK Yadika Baturaja jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Otomotif, mengikuti Asesemen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang berlangsung selama dua hari yaitu 29 - 30 Agustus.

 

Kegiatan ANBK yang berlangsung 3 sesi ini diadakan di Ruang Laboratorium Komputer SMK Yadika Baturaja.

 

Kepala SMK Yadika Baturaja, Boy Adriansyah SPd MM melalui Waka Kurikulum, Agus Susanto SPd, menjelaskan, ANBK merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan dari jenjang pendidikan dasar hingga menengah.

 

Hal tersebut dilakukan guna menilai mutu satuan pendidikan berdasarkan hasil belajar siswa yang mendasar seperti literasi, numerasi, dan karakter. Selain itu, penilaian juga dilakukan pada kualitas serta proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

BACA JUGA:Tips Memilih Aplikasi HRIS Agar Membantu Pekerjaan Anda Menjadi Lebih Efisien

 

“Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar,” jelas Agus.

 

Agus menjelaskan, bahwa hasil Asesmen Nasional 2022 tidak digunakan untuk menilai prestasi siswa atau pun kinerja guru dan sekolah, sejak awal pemerintah menegaskan bahwa hasil Asesmen Nasional tahun 2022 akan digunakan sebagai pemetaan awal atau baseline mutu Pendidikan.

 

"Jadi hasilnya dapat digunakan sebagai bahan evaluasi diri dan perbaikan pembelajaran di sekolah," pungkas Agus.(jpn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: