World Rabies Day

World Rabies Day

Foto: Ilustrasi. (*)--

Drh.Putut Pantoyo

Fungsional Medik Veteriner

Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU

Salam Veteriner. Pada 28 September diperingati sebagai hari Rabies sedunia (World Rabies Day).

BACA JUGA: Kawin Suntik Atau Inseminasi Buatan (IB) pada Sapi

Tahun 2022 adalah tahun ke 12 sejak pertama kali dicetuskan oleh sebuah organisasi nirlaba Global Alliance for Rabies Control di tahun 2007. 

Pemilihan tanggal 28 September sebagai WRD juga tidak tanpa alasan, karena di tanggal itulah Louis Pasteur yang berhasil mengembangkan vaksin rabies pertama kali meninggal dunia. 

World Rabies Day dari tahun ke tahun semakin dikenal dan menunjukkan gaungnya di masyarakat luas dan biasa diperingati dengan program vaksinasi rabies bagi hewan-hewan piaraan. 

Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU melalui Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner mengatakan menyiapkan vaksin Rabies gratis selama satu bulan penuh selama memperingati World Rabies Day. 

BACA JUGA: Desa Cantik Bikin OKU ‘Cantik’ dengan Data

Hewan peliharaan kesayangan bisa dibawa ke Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan yang berada di Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU.

Puncaknya akan diberikan vaksinasi rabies secara gratis di taman kota Baturaja pada 28 September 2022 mendatang. 

Jumlah vaksin rabies yang disiapkan hanya 200 dosis dan masih terbatas pada hewan kucing saja karena Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU masih kesulitan dana untuk pengadaan vaksin rabies tersebut. 

Rabies adalah penyakit yang disebabkan oleh virus jenis RNA, Famili Rhabdoviridae, dan Genus Lyssavirus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: