SMKN 2 OKU Gelar Lomba Desain Motif Batik

SMKN 2 OKU Gelar Lomba Desain Motif Batik

Proses pembuatan motif batik pada lomba desain motif batik di SMKN 2 OKU.-Foto: jeki/okes.co.id-

Untuk Peringati Hari Batik Nasional

OKU, OKES.CO.ID - Dalam memperingati Hari Batik Nasional, SMKN 2 OKU menggelar lomba desain motif batik dengan nuansa kearifan lokal Kabupaten OKU. 

Lomba ini digelar pada acara Batik Day With Us dengan tema OKU Bangga Punya Batik Menuju Sumsel Maju untuk Semua

Lomba desain batik ini dipusatkan di aula SMKN 2 OKU pada 4 Oktober 2022 dan dibuka oleh Plt Kepala Disdik OKU Alfarizi SE Ak M.Pd yang diwakili oleh Kasi Kurikulum dan Penilaian Bidang PAUD dan PNF Junaidi SE, serta Kepala SMKN 2 OKU Hamlaini SPd MM.

Kasi Kurikulum dan Penilaian Bidang PAUD dan PNF Junaidi SE mengatakan Disdik OKU sangat apresiasi lomba desain batik ini. 

BACA JUGA: IGTKI PGRI Kabupaten OKU Meriahkan HUT RI ke 77

"Lomba ini salah satu cara sekolah untuk menggali ide yang kreatif dari pelajar, terutama untuk mengenal budaya batik kearifan lokal OKU. Apalagi desain terbaik bisa diusulkan untuk menjadi searagam sekolah," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SMKN 2 OKU Hamlaini SPd MM menjelaskan batik merupakan salah satu karya bangsa Indonesia yang sampai saat ini banyak dikagumi berbagai bangsa. 

"Batik merupakan produk budaya Indonesia yang sangat unik dan merupakan kekayaan budaya yang harus dilestarikan dan dibudayakan. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan lebih mengenalkan batik kepada generasi muda yang menjadi sasaran dalam kegiatan lomba desain motif batik. Dengan kegiatan ini juga bertujuan menggali ide kreatif dari pelajar dalam merancang motif batik," pungkasnya.

Lomba desain motif batik kearifan lokal ini diikuti siswa SMP/MTs dan SMA/SMK/MA dengan jumlah peserta kategori 1 tingkat SMP/ MTs sebanyak 16 peserta dan kategori 2 TK SMA/SMK/MAN sebanyak 61 orang. 

BACA JUGA:ANBK Tidak Menentukan Kelulusan Siswa

Sedangkan juri berasal dari Disdik OKU, Aminullah (Seniman), dan Endang Sri Rahayu, S.Pd. (SKB OKU).

Kriteria penilaian terdiri dari motif (keunikan, artistik) 20%, komposisi warna 20%, kreatifitas (proses pembuatan, pewarnaan) 30%, dan keharmonisan antara judul, sumber ide, dan motif 30%. 

Penilaian dan pengumuman pemenang akan di laksanakan pada hari ini juga dan akan di umumkan oleh dewan juri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: