SMK Yadika Gelar Pemilihan OSIS Periode 2022 - 2023

SMK Yadika Gelar Pemilihan OSIS Periode 2022 - 2023

Penjelasan mekanisme pemilihan Ketua OSIS. Foto: ist. (*)--

OKU, OKES.CO.ID - Ratusan siswa di SMK Yadika Baturaja berkumpul di ruang tunggu untuk melaksanakan Pemilihan Ketua OSIS periode 2022-2023, pada 11 Oktober 2022. Pelaksanaan itu menyusul pengurus OSIS periode 2021-2022 telah habis. 

Selain ratusan siswa, yang ikut memeriahkan pesta demokrasi tersebut guru, staf dan seluruh warga SMK Pemuda pun terlibat.

Kegiatan ini, sekaligus sebagai bentuk memberikan pendidikan politik sejak dini kepada siswa.

"Ini sekaligus pendidikan dini dalam sistem pemilihan umum, yang biasa di selenggarakan di suatu daerah dalam memilih pemimpin," ujar Dwi Budi Irfandi S.Pd Kepala SMK Yadika Baturaja melalui pembina OSIS Ibnu Umi Abdin SPd.I

BACA JUGA: Perpustakaan SMKN 1 OKU Semakin Maju

Tahun ini diikuti sebanyak 3 kandidat  pasangan calon ketua OSIS dan wakil ketua OSIS. Kalau untuk ketuanya di ambil semuanya kelas XI dan wakil ketua kelas XI dan X. Dengan jumlah daftar pemilih sebanyak 160.

Ibnu menyebut OSIS dianggap cukup efektif dalam hal memberikan pembelajaran berorganisasi, bergaul, kekeluargaan sehingga kenakalan remaja dapat menurun. 

"Pihak sekolah selalu mendorong kegiatan yang diadakan oleh siswa di sekolah. Karena dengan begitu anak-anak dapat mengembangkan bakatnya di beragam aktivitas yang ada dan dapat mengurangi kegiatan negatif dan yang tidak diinginkan," lanjutnya.

Ia menambahkan, jangan berpikiran berpolitik itu sesuatu yang kotor. Sebenarnya politik itu baik, bersih. "Hari ini para siswa diajarkan untuk berpolitik sehat dan bagi yang kalah harus berbesar hati dan mendukung ketua terpilih. Semoga pelajaran yang kecil ini bisa berharga dikemudian hari," jelasnya.

BACA JUGA: HGN 2022 dan HUT PGRI ke 77 Dimeriahkan dengan Sejumlah Lomba

Ibnu berharap kepada yang terpilih nanti agar tambah kegiatan dan membuat terobosan - terobosan baru guna memajukan SMK Yadika Baturaja. 

"Terimakasih kepada pengurus yang lama, dan selamat kepada yang terpilih. Dan semoga visi misi pada saat disampaikan sebelum pencoblosan agar dilaksanakan, selalu berinovasi, dan mengeluarkan terobosan terbaru guna mengenalkan  SMK Baturaja ke luar. Dan juga jangan lupa belajar dan bertanya kepada pengurus yang lama bagaimana cara memimpin organisasi yang baik," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: