Mesin Mudah Panas, Distribusi Air Tak Maksimal

Mesin Mudah Panas, Distribusi Air Tak Maksimal

Distribusi air bersih di Kecamatan Baturaja Barat masih belum maksimal. Hal ini disebabkan mesin distribusi air mudah panas.-Foto: Mustofa/Oku Ekspres.-

OKU, OKES.CO.ID - Distribusi air bersih masih dikeluhkan pelanggan PDAM OKU di Kelurahan Talang Jawa, kecamatan Baturaja Barat.

Pasalnya, hingga dua hari lalu, air bersih yang dinanti tak kunjung mengalir ke rumah pelanggan. 

Padahal, kerusakan instalasi di Unit Pengolahan (UP) Tanjung Agung sudah satu pekan lebih rampung dikerjakan.

"Kabarnya air sudah mengalir. Tapi tidak sampai ke rumah saya,” tanya Teguh warga RT 17 Kelurahan Talang Jawa, belum lama ini.

BACA JUGA: DPRD Pastikan Jalan Dibangun pada 2023

Kondisi itu, kata dia juga dialami tetangga lainnya. Bahkan ada beberapa warga yang mencoba mendapatkan air dengan menggunakan mesin air.

Namun hasilnya tetap sama saja. 

"Tidak bisa disedot. Air memang masih mengalir, tapi sangat kecil. Kurang mengakomodir kebutuhan air,” sebut karyawan swasta ini. 

Direktur PDAM OKU H Abi Kusno melalui Kasubsi Humas Elfanco menjelaskan, penyebab masih adanya pelanggan yang belum menerima air bersih karena mesin yang dioperasikan belum maksimal berfungsi.

BACA JUGA: Angka Kecelakaan Meningkat, Operasi Zebra Dimulai

"Mesin yang dioperasikan mudah panas. Jadi tidak bisa berfungsi maksimal,” ujarnya pada 17 Oktober 2022 lalu. 

Jika mesin tersebut dipaksakan beroperasi saat kondisi mesin panas, maka kerusakan mesin bisa lebih parah. 

"Untuk sementara mesin hanya mampu mengoperasikan air 50 persen. Biasanya 8 jam pengaliran, hanya mampu 4 jam. Ini untuk kesinambungan pengaliran air,” jelasnya. 

Sementara mesin pompa yang satunya lagi, masih dalam tahap perbaikan di Lampung. "Masih diperbaiki mesin satunya,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: