Proses P5, Siswa SMAN 4 OKU Tampilkan Drama

Proses P5, Siswa SMAN 4 OKU Tampilkan Drama

Para siswa kelas X SMAN 4 OKU saat menampilkan drama pada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).-Foto: jeki/oke.co.id-

OKU, OKES.CO.ID - Setelah beberapa hari kelas X melaksanakan proses Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), seluruh siswa kelas X menampilkan drama. Tema drama para siswa adalah Bangunlah Jiwa dan Raganya dengan topik Pencegahan Perundungan di Dunia Maya.

"Penerapan pembelajaran Kurikulum Merdeka sudah dilakukan di kelas X SMAN 4 OKU. Kurikulum Merdeka merupakan pembelajaran intrakurikuler yang beragam,” kata Kepala SMAN 4 OKU Hj Jumiati SPd MM didampingi Wakil Kepala SMAN 4 OKU Bidang Kurikulum Mukthamira SPd.Si.

Hampir 6 pekan para siswa diberi pemahaman, game, serta hal positif dan menyenangkan yang sesuai kebutuhan mereka. 

BACA JUGA: SMA Xaverius Baturaja Gelar Turnamen Futsal Antar SMP se OKU

Di akhir proyek P5, para siswa akan membuat poster tentang perundingan di dunia maya dan ditutup dengan drama. “Melalui proses itu anak - anak bisa interaksi, kebiasaan - kebiasaan P5 dan pembentukan karakter," ungkapnya. 

Untuk pentas drama ini ada 16 kelompok. 1 kelas bagi menjadi 2 kelompok. Pentas drama ini akan dilaksanakan selama 2 hari pada 19 - 20 Oktober 2022. 

"Jadi dengan akhir dari tema ini juga  untuk menumbuhkan nilai-nilai pancasila. Dimana Ada 6 project penguatan profil pelajar di dalam pancasila yaitu berketuhanan yang maha esa dan berakhlak mulia, mandiri, gotong royong, kreatif, bernalar kritis, dan berkebinekaan global," ujar Jumiati.

BACA JUGA: Mapala Gerhana Unmaha Sabet Juara III

Selain itu Jumiati menambahkan, ada Penerapan Project Based Learning yaitu pendekatan yang mengedepankan siswa untuk menyelesaikan permasalahan di lapangan. 

"Dalam pembelajaran ini siswa akan berperan menjadi seorang profesional yang mencoba memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi sebelumnya dikasih dulu pengetahuan, macam - macam perundungan, pelaku, dampak, apa alasan. Jadi Mereka menilai sendiri sehingga dapat melakukan pencegahan sejak dini," jelasnya.

Setelah ini, siswa kelas X akan kembali melakukan P5 yaitu kearifan lokal, dengan tema Pelestraian budaya jumputan. Untuk kurikulum merdeka di SMAN 4 OKU, dalam 1 tahun, minimal ada 3 tema.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: