Babaranjang Tabrakan, 210 Tiket KA Dikembalikan

Babaranjang Tabrakan, 210 Tiket KA Dikembalikan

Tabrakan kereta api babaranjang di stasiun Dengan, Bekri - Lampung Tengah membuat lalulintas kereta api terganggu. Hingga petang kemarin, evakuasi masih dilakukan.-Foto: Ist.-

OKU, OKES.CO.ID - Stasiun KA Baturaja mengembalikan seluruh tiket perjalanan yang sudah dibeli penumpang alias refund. Baik jurusan Baturaja – Tanjungkarang maupun Baturaja - Kertapati. 

"Hari ini (7 November) tidak ada aktifitas angkutan penumpang. Karena seluruh tiket penumpang dikembalikan,” ujar Kepala Stasiun KA Baturaja Abdullah.

Pengembalian tiket penumpang, dikatakan Abdullah, karena dua rangkaian kereta batubara rangkaian panjang (babaranjang) tabrakan di Kecamatan Bekri, Lampung Tengah.

BACA JUGA: Rentan Kecelakaan, Marka Jalan Bakal Dipasang di Jl Lintas Sumatera

Dampak tabrakan itu, lalulintas kereta api lumpuh total. "Tidak ada kereta yang jalan. Jadi tiket dikembalikan 100 persen,” ungkapnya. 

Untuk perjalanan penumpang pada awal pekan ini, Stasiun KA Baturaja mencatat ada 210 penumpang. Seluruh tiket sudah dikembalikan.

"Tikat perjalanan untuk dua tujuan sudah dikembalikan. Lalulintas kereta api belum diketahui kapan normal karena evakuasi kereta yang tabrakan masih berlangsung,” tandasnya. 

BACA JUGA: Pada 2023 Mendatang, Bencana Hidrometeorologi Diprediksi Bakal Lebih Besar

Tabrakan kereta api babaranjang yang membawa 60 gerbong terjadi di jalur I Km 471/2 Stasiun Rengas, Kecamatan Bekri, Lampung Tengah pada 7 November 2022. 

Kapolsek Gunung Sugih AKP Wawan Budiarto menyatakan, tabrakan kereta bermula dari KA lokomotif CC 205 13 37/13 33 dari arah Baturaja menuju Tanjungkarang dengan rangkaian 60 gerbong memuat batu bara berhenti di jalur I Km 47 Stasiun Rengas menunggu pindah jalur. 

"Tiba-tiba datang kereta api lokomotif CC 205 21 20/13 16 dari arah Tanjungkarang menuju Baturaja yang juga berjumlah 60 gerbong tanpa muatan, masuk ke jalur 1 Km 47 Stasiun Rengas. Akibatnya, tabrakan tidak terhindarkan," kata Wawan.

BACA JUGA: Hebat! TP PKK OKU Bawa Pulang 2 Juara

Akibat tabrakan, gerbong bermuatan batu bara anjlok dan terguling.  “Begitu juga dengan gerbong kosong, anjlok dan keluar rel hingga menghantam peron stasiun,'' sebut Wawan.

Masinis dan asisten dua kereta, kata Wawan, mengalami luka-luka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: