SMAN 4 OKU Kenalkan Jumputan kepada Siswa

SMAN 4 OKU Kenalkan Jumputan kepada Siswa

Hj Jumiati SPd MM (kiri) saat meninjau proses pembuatan jumputan dengan menggunakan pakaian bekas yang dilakukan para siswa kelas X SMAN 4 OKU.-Foto: Ist.-

OKU, OKES.CO.ID - Setelah sukses melaksanakan tema I Proses Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), kali ini SMAN 4 OKU memasuki tema II yaitu kearifan lokal dengan tema Pelestraian Budaya Jumputan. 

Untuk tema ini, siswa dibagi dalam kelompok.

"Hampir 6 minggu, siswa diberi  pemahaman, game, hal - hal yang positif dan menyenangkan dan sesuai kebutuhan mereka. Melalui proses itu anak - anak bisa interaksi, kebiasaan - kebiasaan P5 dan pembentukan karakter," ungkap Kepala SMAN 4 OKU Hj Jumiati didampingi Wakil Kepala SMAN 4 OKU Bidang Kurikulum Mukthamira.

BACA JUGA: Berbagai Lomba Bakal Meriahkan HUT PGRI dan HGN 2022 di OKU

Untuk pemateri tetap dari sekolah dikoordinatori oleh Budi Utama, SPd beserta guru mata pelajaran (mapel). Tujuan tema ini agar murid mengenal kearifan lokal di daerah Sumatera Selatan (Sumsel) khususnya pembuatan motif jumputan pada barang bekas pakai. 

"Kali ini kita memilih tema jumputan supaya murid SMAN 4 OKU mengenal dan melestarikan kearifan lokal yang ada di Sumsel,” ujarnya. 

Jumiati mengatakan, akhir tema ini untuk menumbuhkan nilai-nilai Pancasila. 

BACA JUGA: 20 Peserta Lomba Mewarnai Kecamatan Lubuk Raja Melaju ke Babak Final

Ia menyebutkan, ada 6 project penguatan profil pelajar di dalam Pancasila.

Yaitu berketuhanan yang maha esa dan berakhlak mulia, mandiri, gotong royong, kreatif, bernalar kritis, dan berkebinekaan global," ujarnya.

Selain itu Jumiati menambahkan, project based learning adalah pendekatan yang mengedepankan siswa menyelesaikan permasalahan di lapangan. 

"Dalam pembelajaran ini siswa akan berperan menjadi seorang profesional yang mencoba memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari - hari," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: