Banner Sekwan DPRD OKU 2024

Di Balik Bencana, Ada Lahan Bersedekah

Di Balik Bencana, Ada Lahan Bersedekah

Foto: Ilustrasi. (*)--

Oleh : Ust. Ahmad Yasin, S.H.I.,M.Pd.

Dosen Agama Islam UNBARA,  Pengurus Lembaga Dakwah NU OKU

Jamaah Rahimakumullah

Mengawali khutbah singkat ini, khatib berwasiat kepada kita semua, terutama kepada diri khatib pribadi untuk senantiasa berusaha meningkatkan ketakwaan dan keimanan kita kepada Allah Subhanahu Wa Taala dengan menjalankan semua kewajiban dan menjauhkan diri dari segala yang dilarang dan diharamkan.   

Maasyiral Muslimin Rahimakumullah

Selama ini kita tidak asing dengan amaliah tawassul. Sebagian besar masyarakat muslim di Indonesia, bahkan di dunia, hampir setiap hari melakukan tawassul. Tawassul yang biasa kita lakukan adalah berdoa dengan menyebut nama seorang nabi atau wali dengan harapan agar permohonan kita dikabulkan, atau agar kita dihindarkan dari marabahaya oleh Allah dengan wasilah menyebut nama nabi atau wali tersebut. Tawassul seperti ini biasanya dibarengi dengan ziarah ke makam beberapa orang wali.

Hadirin yang Dirahmati Allah

Amaliah tawassul seperti ini adalah salah satu dari tiga jenis tawassul yang kesemuanya boleh untuk kita lakukan. Dua jenis tawassul yang lain adalah tawassul dengan asma Allah dan sifat-Nya, dan tawassul dengan amal shalih. Dan pada kesempatan ini akan dijelaskan bertawassul dengan sedekah. Maknanya bukan berarti kita pamrih dalam bersedekah. Sedekah tetap kita niatkan karena Allah, bukan karena yang lain. 

Setelah sedekah, kita bertawassul dengan amal shalih yang berupa sedekah itu agar permohonan kita dikabulkan atau dihindarkan dari mara bahaya. Hal ini boleh dilakukan dengan dasar hadits yang menceritakan tentang tiga orang yang kehujanan dalam perjalanan lalu berteduh di sebuah gua. Bibir gua lalu tertutup oleh sebongkah batu besar. 

Dalam keadaan terperangkap dalam gua, masing-masing dari mereka memohon kepada Allah dengan menyebut amal shalih masing-masing hingga pintu gua terbuka kembali dan mereka keluar dengan selamat (HR al-Bukhari)

Hadirin Rahimakumullah

Saat banyaknya bencana seperti saat ini termasuk saudara kita di Cianjur (Jawa Barat) dan kawasan lain, kita dituntut untuk menunjukkan kesetiakawanan kita. Pada masa seperti saat ini, ajaran agama menyerukan kepada kita agar berempati dan menunjukkan solidaritas kepada sesama anak bangsa. Banyak hal yang bisa kita lakukan. Di antaranya adalah sedekah.   

Dalam sebuah hadits, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda perbuatan-perbuatan baik akan melindungi kita dari berbagai keburukan dan sedekah yang dilakukan sembunyi-sembunyi akan menghindarkan diri kita dari siksa Tuhan. (HR Ath-Thabarani)   

Hadits ini mengajak kita untuk melakukan berbagai kebaikan, di antaranya sedekah. Hadits ini juga menjelaskan bahwa perbuatan baik yang kita lakukan, baik sedekah atau pun perbuatan-perbuatan baik lainnya dapat menjadi sebab terhindarnya kita dari bermacam-macam keburukan dan berbagai musibah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: