Diduga Tak Harmonis, Pemprov Babel Tinggalkan Bank Sumsel Babel

Diduga Tak Harmonis, Pemprov Babel Tinggalkan Bank Sumsel Babel

Salah satu wisata di Kepulauan Bangka Belitung.--

BABEL, OKES.CO.ID – Pemidahan rekening operasional Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, akhirnya dilakukan. Sebelumnya, Pemprov Babel menggunakan rekening Bank Sumsel Babel (BSB), namun kini beralih ke Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Pemidahan rekening ini tentu mengagetkan. Namun Pemprov Babel berdalih pemindahan itu untuk menambah PAD dari selisih bunga.

Namun beredar kabar, pemindahan rekening operasi Pemprov Babel ke BRI, diduga ada kaitannya soal hubungan Pemprov Babel dengan Bank Sumsel Babel tak harmonis.

Pemidahan kas daerah ini disoroti Ketua DPRD Babel, H Herman Suhadi. Dirinya meminta pemindahan kas daerah ini, benar-benar dilandasi profesionalisme.

“Kita berharap ini didasari profesionalime, untuk menambah PAD, bukan sakit hati, “ harapnya.

Menurut dia, pemindahan kas daerah diperbolehkan. Namun, dirinya menyebut Pemprov Babel tidak ada koordinasi ke DPRD Babel, dan hanya menerima surat edaran.

“Saya berharap ada koordinasi dengan DPRD, karena ini ada kewajiban perda penyertaan modal, “ katanya.

PJ Gubernur Babel Ridwan Djamaludin memastikan pemidahan kas APBD ke BRI memberikan keuntungan Pemprov.

“Ini upaya menambah PAD. Ya Profesional lah, “ singkatnya.

Pemidahan rekening ini sesuai MoU layanan dan jasa perbankan dan diperkuat Keputusan Gubernur Babel No. 188.44/95/BAKUDA/2023 tentang penunjukkan kantor cabang PT BRI Tbk Pangkalpinang sebagai Bank Operasional Kas Umum Pemprov Babel.

Para ASN/PPPK/anggota DPRD serta tanaga honorer di lingungan Pemprov Babel, juga dapat membuka rekening di BRI sebagai persiapan administrasi yang dibutuhkan. Dan ini tertuang di dalam keputusan gubernur tersebut.

Sebelumnya ada dua bank BUMN mempresentasikan, yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Mandiri selama dua hari ini. *

artikel tayang di Babelpos.id dengan https://babelpos.disway.id/read/645504/pemprov-babel-pindah-bank-semoga-bukan-karena-sakit-hati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: