KPU Temukan 500 NIK Ganda di Pagar Alam

KPU Temukan 500 NIK Ganda di Pagar Alam

ilustrasi--

PAGARALAM- Sebanyak  500 Nomor Induk Kependudukan (NIK) ganda ditemukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam. Hal itu menimbulkan kecurigaan terkait akan adanya pemilih ganda saat Pemilu 2024 mendatang.

Selain NIK Ganda, KPU Pagaralam juga menemukan NIK yang masih terdata sebagai penduduk luar Kota Pagaralam.

Komisioner Devisi Teknis KPU Pagaralam Cristian Hadinata mengatakan, pihaknya menemukan data NIK ganda setelah melakukan verifikasi ulang DPS. Hasilnya ditemukan 500 NIK yang bukan warga Kota Pagaralam.

BACA JUGA:Kadin PMD OKU TImur Bantah Ada Pungli Pilkades 2023

“Dari hasil pencocokan di lapangan ada data penduduk kabupaten tetangga yang masuk ke dalam DPS dan sudah kami lakukan perbaikan data,” terangnya, dilansir dari Pagaralampos, Rabu 24 Mei 2023.

BACA JUGA:Rian Pria Pemeran Sumpah Pocong di Palembang yang Sempat Viral Ditangkap Polisi

Dikatakannya, temuan pemilih ganda tersebut telah dilaporkan kepada KPU kabupaten/kota yang sesuai dengan NIK yang ada, agar dimasukkan kedalam DPS mereka. “Kebanyakan yang kami temukan adalah warga tersebut memiliki identitas di 2 wilayah berbeda.

Saat di cek sudah tidak berdomisili di Kota Pagaralam. Untuk itu NIK tersebut kita coret dari DPS,” bebernya.

Sementara itu hasil pleno rekapitulasi perbaikan (DPSHP) pemilu 2024 Kota Pagaralam, sebanyak 106.243 mata pilih, terdiri 54.111 pemilih laki-laki dan 52.132 pemilih perempuan.

BACA JUGA:Kadin PMD OKU TImur Bantah Ada Pungli Pilkades 2023

“Kami masih terus meminta partisipasi masyarakat untuk memberikan masukan mengenai data DPS yang telah kami sebar, agar DPT nanti benar-benar valid sesuai dengan mata pilih kita,” ungkapnya. (8)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: