Pileg dan Pilpres Diawasi LSM Hingga Organisasi Kepemudaan

 Pileg dan Pilpres Diawasi LSM Hingga Organisasi Kepemudaan

--

BATURAJA,OKES.CO.IDPengawasan pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 bakal semakin ketat. Sebab, pengawasan bukan hanya dilakukan lembaga pengawas pemilu saja. Namun, ada juga lembaga pemantau independen yang membantu pengawasan pesta demokrasi tersebut.

Di Kabupaten OKU sendiri saat ini sudah ada satu lembaga yang diregistrasi melakukan pemantauan atau pengawasan. Yakni LSM Sakti. Ada juga lembaga lain yang dikabarkan akan menurunkan personil, seperti GMNI.

“GMNI ini sudah mendaftar tinggal melengkapi berkas,” kata Anggota Bawaslu OKU Anggi Yumarta, Kamis (25/5).

Anggi menambahkan, Untuk menjadi lembaga pemantau di daerah, lembaga tersebut harus mendaftar di Bawaslu OKU. Serta perlu memiliki sertifikasi secara nasional.

BACA JUGA:CATAT !!! Syarat Pendaftaran Anggota Calon Bawaslu 2023-2028

Karena itu lembaga yang sudah mendaftar sebagai memantau akan diteruskan ke Bawaslu RI. Itu bertujuan supaya lembaga tersebut bisa mendapatkan sertifikasi secara nasional.

Terpisah, Deki dari Barisan Pemantau Pemilu Sumsel (BP2SS) rencana juga akan melakukan monitoring pengawasan pemilu di Kabupaten OKU. Disebutnya, untuk kegiatan mereka juga akan mengikuti penyelenggara pemilu, apakah KPU dan juga Bawaslu.

Untuk relawan, kata dia, masih akan direkrut. Untuk saat ini, kata dia, anggota BP2SS sudah ada sekitar 40 orang. Disebutnya, BP2SS ini bekerjasama dengan Bawaslu OKU.

“Kita akan membantu pemantauan sesuai apa yang menjadi arahan dari Bawaslu OKU,” ujarnya. Disebutnya, untuk SK kepengurusan mereka merupakan turunan dari tingkat provinsi Sumsel. (gsm)

BACA JUGA:CATAT !!! Syarat Pendaftaran Anggota Calon Bawaslu 2023-2028

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: