WOW! 'Bunga Bangkai' Mekar Sempurna Ditemukan di Bengkulu diburu Turis, Segini Tingginya

WOW! 'Bunga Bangkai' Mekar Sempurna Ditemukan di Bengkulu diburu Turis, Segini Tingginya

MEKAR: Bunga bangkai yang ditemukan di Kepahiang , Bengkulu alami mekar sempurna. -foto ist-

OKES.NEWS- Hallus titanum, yang juga dikenal sebagai "bunga bangkai" atau "bunga kadaver", adalah spesies tanaman langka yang terkenal karena bunga bangkai yang sangat besar berbau busuk. Tanaman ini berasal dari hutan hujan Sumatera, Indonesia, dan merupakan salah satu tanaman berbunga terbesar di dunia.

Ciri khas utama Amorphophallus titanum adalah infloresensinya yang sangat besar dan menarik perhatian. 

Bunga bangkai dapat mencapai tinggi hingga 3 meter atau lebih, dengan bagian tengah yang disebut "spadix" yang berwarna kuning terang dan ditutupi oleh "pelindung" berwarna merah kecoklatan yang disebut "spata". 

Bunga Bangkai memiliki bentuk unik yang menyerupai kerucut atau tongkat, dan umumnya membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk tumbuh dan mekar.

BACA JUGA:Ancaman Narkoba Merambah ke Pelajar ini yang dilakukan Kejari Kabupaten OKU

BACA JUGA:Ancam Sebar Video Syur, Pria di OKU Setubuhi Remaja Bawah Umur

Selain ukurannya yang luar biasa, bunga Amorphophallus titanum (Bunga Bangkai) juga terkenal karena baunya yang sangat busuk. 

Bau ini dimaksudkan untuk menarik serangga penyerbuk, seperti lalat atau kumbang, yang berperan dalam penyerbukan. 

Bau busuk ini sering dikaitkan dengan bau bangkai atau bau kandung kemih yang kuat, dan menjadi daya tarik yang unik bagi para pengunjung dan peneliti.

Ditemukan Di Bengkulu 

Bunga Bangkai atau Bunga kibut dengan nama latin amorphophallus titanum sedang mekar sempurna di taman konservasi Desa Tebat Monok Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu.

Bunga bangkai itu mekar sempurna sejak, Rabu, 14 Juni 2023 pagi.

Menurut pengelola Taman Konservasi Holidin (50), bunga bangkai yang sedang mekar sempurna ini sangat jarang mekar sempurna.

Terakhir, bunga bangkai jenis ammorphopallus titanum ini mekar pada tahun 2019 yang lalu dengan ukuran yang nyaris sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: