Cabai Merah di OKU Selatan Melambung Hingga Rp50 Ribu, Berikut 3 bahan Pokok Lainnya

Cabai Merah di OKU Selatan Melambung  Hingga Rp50 Ribu, Berikut 3 bahan Pokok Lainnya

SIDAK: Pemda OKU Selatan melakukan pantauan langsung di Pasar Saka Selabung Muaradua, Selasa (27/06) untuk mengantisipasi lonjakan harga bahan pokok. ()-Foto: Rendi/Sumeks-

Cabai Merah Naik Hingga Rp50 Ribu

MUARADUA – OKES.NEWS, Jelang hari raya Idul Adha, beberapa kebutuhan pokok di Kabupaten OKU Selatan alami kenaikan. Dari pantauan, setidaknya ada empat bahan pokok harganya melambung naik. 

Seperti yang terjadi di Pasar tradisional Saka Selabung Muaradua, OKU Selatan. Selasa (27/6). Harga cabai merah naik tinggi. Dari harga sebelumnya Rp40 ribu perkilogram, kini naik signifikan menjadi Rp50 ribu perkilogram. “Naik sekitar Rp10 ribu perkilogramnya,” kata salahsatu pedagang cabai di Pasar Saka Selabung, Ema.

Menurut Ema, kenaikan cabai merah sudah terjadi sejak beberapa waktu lalu. Kenaikan diprediksi bakal terus terjadi hingga pelaksanaan Hari Raya Idul Adha. 

“Permintaan saat Lebaran seperti ini memang tinggi.Bukan hanya cabai merah saja, beberapa kebutuhan pokok lainnya juga alami hal sama. Naik semua,” sambungnya.  

Kenaikan harga cabai merah juga diikuti beberapa bumbu dapur lainya. Salah satunya bawang merah, yang semula dijual ke Rp35 ribu menjadi Rp 50 ribu/kg.

BACA JUGA:Berkah Idul Adha Penjualan Hewan Kurban di Baturaja Meningkat

BACA JUGA:Lengkap! 19 Lokasi Shalat Idul Adha Muhammadiyah di OKU Pada 28 Juni 2023

Selain itu, harga ayam potong di pasar tradisional Saka Selabung juga mengalami kenaikan. Namun hanya mengalami kenaikan sekitar Rp2 ribu. Yakni dari harga Rp 32 ribu/kg kini menjadi Rp 34 ribu/kg. 

Sedangkan untuk telur ayam, mengalami kenaikan harga yakni dari Rp 48 ribu/karpet menjadi Rp 50 ribu/karpet. "Kalau ayam potong masih belum begitu naik. Tetapi belum tahu kalau h-1 besok," ungkap Ani pedagang ayam potong.

Sementara itu, untuk mengantisipasi lonjakan harga bahan pokok di pasar, Pemda OKU Selatan melalui Asisten II Setda Pemkab OKU Selatan, Natalion SSTP MSi melakukan Sidak Pasar di Pasar Saka Selabung Muaradua, Selasa (27/06).

Natalion mengatakan bahwa sidak ini dilakukan untuk memastikan kestabilan harga bahan pokok dan ketersediaannya menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H. 

BACA JUGA:Harga Ayam Potong di Pasar Baturaja Tembus Rp45 Ribu

BACA JUGA:Tuntut Perdayakan Warga Lokal Gelar Aksi Damai

Dari hasil sidak di Pasar Saka Selabung, ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan. Yaitu cabe merah kriting dari harga Rp30.000 sekarang sudah mendekati Rp40.000 perkilogram.

Kenaikan untuk cabe merah kriting ini dipengaruhi dari sentra produksi karena sudah berakhirnya masa panen. Namun untuk stok di pedagang sampai saat ini masih tercukupi.

“Selain cabai merah kriting ada beberapa bahan-bahan pokok lainnya yang mengalami kenaikan, namun tidak telalu tinggi. Kita upayakan untuk semua kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Adha ini cukup,” pungkas Natalion. (end)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: