182 Siswa Ikuti KSM Tingkat Kabupaten Bersaing Jadi yang Terbaik

182 Siswa Ikuti KSM Tingkat Kabupaten Bersaing Jadi yang Terbaik

BERSAING: Kepala Kemenag OKUS, H Karep saat membuka KSN Tingkat Kabupaten.-foto ist-

MUARADUA – OKES.NEWS, Sebanyak 182 siswa dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) hingga Madrasah Aliyah (MA) bersaing pada ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2023 Tingkat Kabupaten OKU Selatan.

Mereka bersaing  untuk menjadi yang terbaik. Agar bisa mewakili Kabupaten OKU Selatan ke jenjang lebih tinggi. Yakni tingkat provinsi maupun nasional.

Event KSM sendiri dibuka Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten OKU Selatan, HKarep SPd MM, di MAN 1 OKU Selatan, Sabtu (08/7).

Dalam kesempatan itu, Karep menyampaikan motivasi dan harapannya kepada seluruh peserta KSM agar siap setiap pelaksanaan sebuah kompetisi.

"Menang-kalah adalah hal biasa. Terpenting bagaimana kita berproses untuk dapat menjadi yang terbaik. Tanamkan kepada anak didik bermental juara dan memiliki semangat juang tinggi untuk menjadi yang terbaik,” pesan Karep.

BACA JUGA:Cara Membayar Pajak Motor Online di Samsat, Indomaret dan Aplikasi Signal Berikut Syaratnya

Mengingat, lanjut Karep semua juga harus belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya. Diharapkan setiap satker madrasah dapat memberikan yang terbaik dalam kompetisi ini di semua aspek.

“Hal ini selaras dengan tujuan diselenggarakannya KSM. Yaitu membangun citra madrasah sebagai basis pengembangan rohani, jasmani, skill dan intelektualitas,” terang Karep.

BACA JUGA:Viral, Seorang Anak di Ogan Ilir Pergoki Ayah Diduga Berselingkuh

Ia menambahkan, bahwa Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. 

“KSM bukan hanya sekedar kompetisi. Tetapi bagaimana mengarahkan para anak didik kita untuk mengkaji sains dan tekhnologi. Sehingga melalui KSM akan lahir generasi-generasi Ibnu Sina-Ibnu Sina baru. Selamat berkompetisi dan berlomba semoga menjadi yang terbaik,” harap Karep.

Sementera itu, Kasi Pendidikan Madrasah, Hasfin Arian MPd dalam laporannya menyebutkan bahwa KSM tahun 2023 tingkat kabupaten dilaksanakan mulai 8-10 Juli 2023 . Dimana peserta mengikuti KSM dari titik lokasi yang telah ditentukan tempatnya oleh Komite Kabupaten.

BACA JUGA:Warga OKU Kecelakaan di Jalinsum Prabumulih-Palembang, Mobil Terbalik di Desa Segayam, Begini Kondisinya

“Untuk KSM tingkat provinsi, titik lokasi ditentukan oleh Komite Provinsi. Sedangkan tingkat nasional akan diselenggarakan secara terpusat di Kendari, Sulawesi Tenggara,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: