Inilah Keuntungannya Merdeka Belajar Diterapkan sejak Usia Dini Menarik Bagi Anak-anak

Inilah Keuntungannya Merdeka Belajar Diterapkan sejak Usia Dini Menarik Bagi Anak-anak

POSE: Bunda Paud Kabupaten OKU Selatan, Isyana Lonitasari Popo (dua kanan) saat hadir pada kegiatan advokasi pemerintah daerah dalam implementasi kebijakan merdeka belajar, di Aula Pemkab OKU Selatan, Senin (10/7). ()-Foto: Rendi/Sumeks-

Inilah Keuntungannya Merdeka Belajar Pada Usia Dini Menarik Bagi Anak-anak

MUARADUA-OKES.NEWS, Bunda Paud Kabupaten OKU Selatan, Isyana Lonitasari Popo mendukung penuh kegiatan advokasi pemerintah daerah dalam implementasi kebijakan merdeka belajar.

Kebijakan  merdeka belajar kata Isyana, adalah inisiatif pemerintah pusat yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di semua jenjang, termasuk pendidikan usia dini.

Merdeka belajar pada usia dini memberikan kebebasan kepada siswa dan guru dalam menentukan materi pembelajaran. Kemudian, metode pengajaran, dan penilaian hasil belajar, dengan tetap mengacu pada standar kurikulum yang ditetapkan.

"Pada jenjang paud, kebijakan merdeka belajar memberikan rung bagi guru, dan orang tua untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan menarik bagi anak-anak," ungkap Isyana Lonitasari pada kegiatan advokasi pemerintah daerah dalam implementasi kebijakan merdeka belajar, di Aula Pemkab OKU Selatan, Senin (10/7).

BACA JUGA:Daftar Nama Pejabat Dilantik di Kabupaten OKU dari Camat hingga Lurah

BACA JUGA:Meski Hujan Deras Orang Tua di OKU Timur Tetap Antar Anak di Hari Pertama Sekolah

"Tujuannya adalah untuk mengembangkan potensi anak secara optimal. Baik dala. aspek kognitif, fisik, emosional, maupun sosial," imbuh Isyana Lonitasari.

Isyana menambahkan, mendukung terkait transisi Paud SD yang menyenangkan. Karena itu adalah suatu proses untuk mendukung kesiapan merdeka belajar bagi anak usia dini yang akan memasuki jenjang SD.

Proses ini dapat mempengaruhi keberhasilan anak dalam melakukan penyesuaian di jenjang pendidikan dasar. Pentingnya transisi Paud ke SD yang menyenangkan, diantaranya karena Paud sebagai pondasi jenjang pendidikan dasar, membutuhkan kesinambungan stimulasi sosial emosional.

BACA JUGA:Pengumuman USMB Unsri Sempat Tertunda, Batal Tanggal 9 Juli 2023, Lihat Lengkap Link Hasil Ujian Disini

BACA JUGA:Operasi Patuh Polres OKU Sasar Tujuh Pelanggaran, Inilah yang Paling Diincar

 "Bahas motorik dan kognitif sampai kegiatan pembelajaran di jenjang berikutnya," lanjut Isyana Lonitasari.

Berikutnya lanjut Isyana, rentang anak usia dini adalah 0-8 tahun. Sehingga kesiapan sekolah adalah proses berkesinambungan sejak Paud hingga SD kelas awal . 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: