Waspada, Eris Masuk Indonesia, Diduga Lebih Menular dari Omicron, Begini Gejalanya

Waspada, Eris Masuk Indonesia, Diduga Lebih Menular dari Omicron, Begini Gejalanya

Ilustrasi-Ist -

Waspada , Eris Masuk Indonesia, Diduga Lebih Menular dari Omicron

OKES.NEWS - Kasus Subvarian baru COVID-19 Omicron yang dikenal sebagai EG.5 atau "Eris" tengah menjadi perahtian khusus oleh beberapa pakar kesehatan dan dianggap jenis yang dominan di AS dan Cina. 

 Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mengeluarkan Data terbaru dari Pusat  pada 5 Agustus menunjukkan EG.5 bertanggung jawab atas antara 14-21% kasus COVID-19 baru di AS.

Dalam pemberitaan disebutkan di Cina, EG.5 pertama kali diidentifikasi pada Februari 2023 dan telah menjadi jenis yang dominan di beberapa provinsi.

BACA JUGA:Viral Mobil Kadispora Kota Lubuk Linggau Terobos Jalan Cor yang Masih Basah, Begini Penjelasannya

CDC merekomendasikan bahwa orang tetap divaksinasi dan dibooster untuk melindungi diri dari COVID-19. 

Nama Eris bukan nama resmi dari WHO. Julukan EG.5 itu diambil dari  mitologi Yunani, Eris adalah dewi perselisihan. Dia adalah putri Nyx (malam) dan Erebus (kegelapan).

EG.5 adalah subvarian dari varian Omicron yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan pada akhir 2021. 

Omicron adalah varian yang sangat menular dan telah menjadi jenis yang dominan di seluruh dunia. EG.5 diduga lebih menular daripada varian Omicron lainnya, tetapi tidak jelas apakah itu lebih parah.

"Belum ada bukti yang menunjukkan EG.5 dapat menyebar dengan lebih mudah, dan perawatan serta vaksin yang tersedia saat ini diperkirakan akan terus efektif melawan varian ini," kata Kathleen Conley, juru bicara CDC dikutip dari Washington Post.

BACA JUGA:Batuk Flu

Vaksin terbukti efektif dalam mencegah penyakit parah dan rawat inap akibat COVID-19. Orang yang divaksinasi dan dibooster juga lebih kecil kemungkinannya untuk menyebarkan virus ke orang lain.

CDC juga merekomendasikan bahwa orang tetap memakai masker di dalam ruangan di tempat-tempat umum yang ramai, seperti toko kelontong dan rumah sakit. Masker membantu melindungi orang lain dari penyebaran virus.

Gejala dan ciri Eg 5 atau Eris

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: