Sayonara BPJS, Warga Sumsel Bakal Dapat Program 'BERKAT' Berobat Pakai KTP, Ini Pesan Herman Deru

Sayonara BPJS, Warga Sumsel Bakal Dapat Program 'BERKAT' Berobat Pakai KTP, Ini Pesan Herman Deru

Gubernur Herman Deru menyampaikan bahwa program Sumsel BERKAT ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat menerima layanan kesehatan-Foto: Humas Pemprov Sumsel-

Warga Sumsel Bakal Dapat Program 'BERKAT'  Berobat Pakai KTP , Sayonara BPJS

PALEMBANG - OKES.NEWS, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) akan meluncurkan program Sumsel BERKAT (Berobat Pakai KTP) dalam waktu dekat. Program ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan layanan kesehatan dengan hanya menunjukkan KTP saja.

Program Sumsel BERKAT ini digagas oleh Gubernur Herman Deru. Istilah "BERKAT" dipilih untuk memudahkan masyarakat dalam menyebutnya. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan.

Rencana peluncuran program Sumsel BERKAT ini telah dimatangkan dalam Rapat Koordinasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional Bagi Pekerja Bukan Penerima Upah dan Bukan Pekerja dengan Manfaat Pelayanan di Ruangan Kelas III yang Didaftarkan    Provinsi Sumsel Tahun 2023, di Griya Agung Jumat (8/9) malam.

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Herman Deru Dihadapan KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Sampaikan Upaya Cegah Karhutla

Rencana  Dilaunching pada 13 September Mendatang 

Dalam rapat tersebut, Gubernur Herman Deru menyampaikan bahwa program Sumsel BERKAT ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat menerima layanan kesehatan. Ia berharap program ini dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Sumatera Selatan.

"Launching ini juga bertujuan memudahkan istilah penyebutannya. Sehingga masyarakat makin semangat untuk sehat. Karena berobat menjadi lebih mudah. Kita hanya ingin memudahkan masyarakat menerima layanan kesehatan. Itu tujuannya," jelas Gubernur Herman Deru saat menyampaikan sambutan.

Program Sumsel BERKAT ini akan diluncurkan dalam waktu dekat. Namun, belum ada informasi pasti mengenai tanggal peluncurannya.

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Melayat ke Muratara Berikan Pesan Tulus, Hingga Motif Pelaku Habisi Nyawa Adik Bupati Muratara

Untuk mengimplementasikan program ini di lapangan, Gubernur Herman Deru menggandeng seluruh Kab/kota di Sumsel yang ditandai dengan adanya Penandatanganan Komitmen Dukungan Sumsel BERKAT (Berkat Pakai KTP) oleh Kepala Dinas Kesehatan Prov. Sumsel dan 17 Ka. Dinas Kesehatan Prov. Sumsel Kab / Kota disaksikan langsung oleh Gubernur Sumsel Herman Deru. 

Program BERKAT ini juga bertujuan untuk membantu masyarakat Sumatera Selatan yang belum memiliki jaminan kesehatan agadapat mengakses pelayanan kesehatan dengan mudah.

Untuk memastikan program tersebut dapat berjalan dengan lancar, tidak menemukan kendala dalam pelaksanaannya sekaligus sebagai upaya mencapai tujuan program Universal Health Coverage (UHC), diharapkan pemerintah kabupaten/kota se-Sumatera Selatan untuk memastikan seluruh puskesmas (fasilitas kesehatan tingkat I) di wilayahnya masing-masing melayani masyarakat ber-KTP Sumatera Selatan yang akan berobat. 

BACA JUGA:Pesan Gubernur Sumsel Herman Deru Saat Buka Tabligh Akbar, Resmikan ATM Bank Sumsel dan Sumbang Mart Booth

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: